Buku Pelajaran dengan Unsur Radikalisme Beredar di Sini

Minggu, 10 Februari 2019 – 06:01 WIB
Bagian buku yang dianggap radilkal. Foto: JPG/Pojokpitu

jpnn.com, JEMBER - Buku tematik yang disinyalir berisi tentang radikalisme untuk SD dan MI kelas V dengan judul peristiwa dalam kehidupan kurikulum 2013, ternyata juga beredar di Jember.

Ironisnya, beberapa guru telah mengajarkannya kepada murid-muridnya meski belum sampai ke halaman 45 sebagaimana kalimat yang berunsur radikal.

BACA JUGA: Diprotes NU, Kemendikbud Hentikan Peredaran Buku Tematik Peristiwa dalam Kehidupan

Pada halaman 45 buku tersebut, menjelaskan pada masa awal radikalisme, penjajahan Belanda, yakni tahun 1920 -1927 ada beberapa ormas yang tidak patuh atas pemerintahan Hindia Belanda.

Antara lain Perhimpunan Indonesia, PKI, Partai Nahdartul Ulama, dan Partani Nasional Indonesia.

BACA JUGA: Aktivis Perempuan Rumuskan Narasi Kebangsaan Untuk Tangkal Radikalisme

Kalimat itu seolah-olah menjastifikasi jika partai tersebut radikal secara umum. Padahal yang dimaksud radikal justru menurut pemerintahan Hindia Belanda.

Hal ini yang memantik pro kontra atas buku tersebut. Sehingga para guru harus ekstra hati-hati menjelaskan kepada murid-muridnya.

BACA JUGA: Tangkal Radikalisme, Harus Ada Pedoman bagi Pengkhotbah

Seperti halnya di salah satu Madrasah Ibtidaiyah Jember, Samian, Waka Kurikulum MI Kh Sidiq Jember, yang juga mengaku, para guru dibuat pusing, namun setelah dikaji ternyata memang ada kalimat dalam bahasa indonesia yang kurang pas sehingga memunculkan beberapa penafsiran.

"Sementara dari segi materi penyampaian dalam buku tersebut benar adanya," kata Samian, Waka Kurikulum MI Kh Sidiq Jember.

Kendati demikian menurut Samian, tidak perlu adanya penarikan secara besar-besaran buku itu. Hanya perlu revisi atas buku itu.

"Sehingga semua berpulang pada sang guru saat memaparkan secara benar pada siswa siswinya terkait makna dari kalimat dalam buku tersebut.

Di MI Kh Sidiq Jember ada setidaknya 140 buku yang sudah di berikan kepada siswa sebagai buku paket pelajaran sekolah.

Wali murid juga mendukung upaya guru MI KH Sidiq Jember, yang menginginkan adanya revisi buku itu. (end /end/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kearifan Lokal Efektif Tangkal Radikalisme dan Terorisme


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler