BUMN Energi Tanzania Gandeng Pertamina untuk Jajaki Peluang Baru Sektor Hulu Migas

Rabu, 04 September 2024 – 10:52 WIB
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati (kiri) melaksanakan pertukaran dokumen dengan Tanzania Petroleum Development Corporation (TPDC) dalam pertemuan Indonesia-Africa Forum di Bali, Indonesia, Selasa (3/9). Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, NUSA DUA - Tingginya konsumsi energi mendorong negara-negara di wilayah Afrika menjajaki potensi kerja sama di sektor minyak dan gas bumi (migas) dengan Indonesia.

Salah satu kerja sama yang terjalin antara perusahaan minyak nasional Tanzania, Tanzania Petroleum Development Corporation (TPDC), dengan PT Pertamina International EP (PIEP) yang merupakan bagian dari PT Pertamina Hulu Energi (PHE).

BACA JUGA: Dirut Pertamina Sebut Potensi Kerja Sama Indonesia dan Afrika di Sektor Energi Sangat Luas

Kesepakatan kerja sama TPDC dengan PHE selaku Subholding Upstream Pertamina itu dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan Managing Director TPDC pada Kamis (22/8).

Pertamina melalui PIEP dan TPDC telah melaksanakan lingkup capability building batch 1 serta kegiatan evaluasi blok hulu yang disepakati oleh Pertamina dan TPDC.

BACA JUGA: IAF 2024, Pertamina Perkuat Komitmen Tingkatkan Ketahanan Energi dan Ekspansi Global

Namun masih terdapat potensi kolaborasi untuk stream upstream dan downstream serta kegiatan lanjutan untuk capability building batch 2.

Menindaklanjuti hal tersebut, Pertamina melalui fungsi Business Development dan TPDC telah melakukan diskusi lebih lanjut atas rencana amandemen MOU pada article perpanjangan jangka waktu MOU.

BACA JUGA: Pertamina Patra Niaga Pastikan Pertalite Tetap Disalurkan pada 1 September Nanti

Perpanjangan MoU Pertamina-TPDC tersebut dimaksudkan untuk menambah durasi MoU untuk satu tahun ke depan.

Kesepakatan kerja sama TPDC dengan Pertamina dituangkan dalam amandemen Memorandum of Understanding (MoU) yang telah ditandatangani pada 30 Agustus 2024 lalu oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, dan dilanjutkan dengan pertukaran dokumen dalam pertemuan Indonesia-Africa Forum di Bali, Indonesia, Selasa (3/9).

Pada kegiatan tersebut, hadir TPDC Board Chairman, Ambassador Ombeni Sefue, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, Direktur Utama PT Pertamina Internasional EP (PIEP) Jaffee Arizon Suardin, Zanzibar Minister of Labour, Economic Affairs & Investment Shariff Ali Shariff; Deputy Minister, Foreign Affairs & East Africa Cooperation Cosato David Chumi, dan Duta Besar Tanzania untuk Indonesia Macocha Tembele.

MoU antara TPDC dan Pertamina mencakup program pertukaran pengetahuan, peningkatan kapasitas, dan upaya penelitian kolaboratif yang dapat lebih meningkatkan kemampuan kedua belah pihak dalam mengadopsi dan menerapkan praktik energi berkelanjutan.

Selain itu, kedua belah pihak juga menjajaki kemitraan investasi.

"Kerja sama di sektor energi ini diharapkan dapat memperkuat ketahanan Indonesia dan Afrika dalam menciptakan jaringan energi yang lebih saling terhubung dan tangguh," ujar Corporate Secretary Subholding Upstream Pertamina Arya Dwi Paramita.

Sebelumnya, Pertamina dan TPDC telah menyelesaikan penilaian terhadap 2 blok migas di Tanzania, yakni West Songo-Songo dan North Mnazi Bay.

Kedua perusahaan terus menggali potensi bisnis di sektor non-hulu di Tanzania yang dapat mendukung kinerja Pertamina secara keseluruhan dan lintas subholding.

VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menyampaikan footprint Pertamina Grup di berbagai negara di Afrika telah dibangun sejak 2013.

Melihat potensi besar Afrika, Pertamina secara berkelanjutan membangun kerja sama strategis dengan Afrika.

Fadjar menegaskan kerja sama dengan Tanzania ini menjadi bukti semangat Pertamina untuk berkembang bersama sejumlah negara di Afrika.

"Masih banyak potensi energi yang bisa dikembangkan dan tentunya nanti mampu memberikan benefit kepada kedua belah pihak," ungkap Fadjar.

PHE akan terus berkomitmen menjaga praktik bisnis sesuai dalam jalur tren investasi berkelanjutan dan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) serta mengutamakan aspek safety.

PHE berkomitmen pada Sepuluh Prinsip Universal atau Ten Principles dari United Nations Global Compact (UNGC) dalam strategi dan operasionalnya, sebagai bagian penerapan aspek ESG.

PHE telah terdaftar dalam UNGC sebagai partisipan (member) sejak Juni 2022.

Mendukung aspek Governance, PHE juga senantiasa berkomitmen Zero Tolerance on Bribery dengan memastikan pencegahan atas fraud dilakukan dan memastikan perusahaan bersih dari penyuapan.

Salah satunya dengan implementasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) yang telah terstandarisasi ISO 37001:2016.

PHE terus mengembangkan pengelolaan operasi yang prudent dan excellent di dalam dan luar negeri secara profesional untuk mewujudkan pencapaian menjadi perusahaan minyak dan gas bumi kelas dunia dengan predikat Environmental Friendly, Social Responsible dan Good Governance.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler