Bunga Bangkai Mekar Sempurna

Rabu, 13 Juli 2011 – 10:38 WIB
BOGOR, - Setelah dua pekan bunga bangkai atau amorphophallus titanum yang tumbuh di Kebun Raya Bogor, berkuncup akhirnya mekar sempurna di areal Kebun Raya Bogor (KRB), Senin (11/7) malam. Bunga yang memiliki tinggi sekitar 1,9 meter hanya bertahan selama tiga hari setelah itu kemudian layu kembali. Terakhir bunga tersebut mekar sekitar satu tahun lalu tepatnya 8 Juni 2010. tampak pengunjung sedang melihat bunga bangkai yang mekar. Foto: Sofyansyah - Radar Bogor - JPNN

BOGOR - Bunga bangkai amorphophallus titanum mekar sempurna di Kebun Raya Bogor (KRB), Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (11/7) malamBunga tersebut menjulang hingga mencapai 1,9 meter.

Kesempatan ini tak disia-siakan pengunjung KRB untuk mengabadikan momen yang hanya berlangsung tiga hari itu

BACA JUGA: Perlu Dibentuk Keamanan Terpadu Commuter Line

Terakhir, bunga tersebut mekar pada 8 Juni 2010.

“Bunga ini kan mekarnya bisa setahun sekali, malah lebih
Makanya sebelum kuncup lagi

BACA JUGA: Akses Jalan Sudirman ke Jalan Satrio Dibuka Lagi

Saya foto dulu buat kenang-kenangan,” ujar Gadis Rosiana (23) warga Jalan Raya Bogor.

Hal senada dikatakan Rahmawati, warga Bubulak, Bogor Barat
Ia mengaku sudah sering mendengar bunga langka ini, tapi baru kali ini melihat langsung kemekarannya

BACA JUGA: APBD-P 2011 DKI Lebih Pro-Rakyat

“Saya banyak mendengar bunga itu akan mekar minggu-minggu iniKita penasaran jugaMakanya, bareng anak-anak sekolah, kita datang ke kebun raya,” ucapnya.

Mekarnya bunga bangkai juga mendapat perhatian dari sejumlah turis mancanegara untuk melihat keunikan bunga berjenis umbi-umbian iniDengan saksama beberapa turis memotret bentuk bungaNamun, mereka tidak bisa mendekat apalagi menyentuhnya karena pengelola KRB memasang tali pembatas yang mengelilingi bunga tersebut

Petugas keamanan KRB juga nampak sigap mengamati pengunjung yang nekat mendekat“Kita larang pengunjung melewati tali pembatas dan naikSoalnya posisi tanahnya miring, khawatir nanti malah jatuh,” kata seorang petugas keamanan.

Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor, Mustaid Siregar menjelaskan, sebelumnya, bunga bangkai jenis Amorphopalus Titanum pernah tumbuh dengan tinggi lebih dari dua meter, bahkan ada yang mencapai tiga meter.

"Tantangannya sekarang bagaimanan kita bisa menemukan siklusnyaBiasanya setelah fase vegetatif, lalu siklus umbi tanaman itu mengumpulkan energi untuk berbungaTapi kadang setelah umbi kembali ke fase vegetatif," katanya saat ditemui di lokasi bunga bangkai.

Ia menjelaskan, di Pulau Jawa terdapat sembilan jenis bunga bangkaiKRB sudah mengoleksi delapan jenis di antaranyaSedangkan satu jenis lagi hingga kini belum ditemukan karena sangat langka yaitu Amorphopalus Paeoniifolius”Jenis bunga bangkai yang satu ini bisa dikonsumsi,” katanya(sdk)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Transaksi PRJ Tembus 3,7 Triliun


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler