Bungkam Deltras, Sriwijaya ke Puncak Lagi

Kamis, 09 Februari 2012 – 09:07 WIB
Pemain SFC saat menjamu Deltras. FOTO:EVAN ZUMARLI/SUMATERA EKSPRES

PALEMBANG-Sriwijaya FC akhir sukses merebut kembali puncak klasemen sementara di Indonesia Super League (ISL) dari Persipura Jaya Pura. Itu lantaran, Laskar Wong Kito (julukan Sriwijaya FC) menang 3-1 (2-1) atas Deltras Sidoarjo, di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, kemarin (8/2).

Atas kemenangan ini, Laskar Wong Kito mengoleksi 25 poin dari 12 partai. Unggul 1 poin atas peringkat kedua Persipura dengan donasi 24 poin.  "Kami bersyukur sekali mampu merebut kembali puncak klasemen sementara. Ini berkat kerja keras pemain yang selalu menjaga konsentrasi dan ritme permainan," kata pelatih Sriwijaya FC, Kas Hartadi, usai pertandingan kemarin.

Untuk terus di puncak klasemen tim juara Piala Indonesia edisi 2009 itu berusaha untuk kembali memetik poin pada laga selanjutnya. Yakni, saat menjalani Derby Sumatera. Melawan PSAP Sigli, Aceh, (16/2), kemudian melawat ke kandang PSMS Medan, (20/2) nanti.

Namun, sebelum menjalani Derby Sumatera, coach kas Hartadi akan melakukan evaluasi terlebih dahulu. Pasalnya, saat melawan Deltras Sidoarjo, banyak celah dan kelengahan yang dilakukan anak asuhnya.

Akibatnya, tim juara double winner 2007 itu selalu keteteran ketika mendapat serangan dari The Lobster (julukan Deltras Sidoarjo). "Pertandingan kali ini merupakan terberat yang telah kami jalani sebelumnya di kandang. Deltras mampu mengimbangi permainan kami. Namun, mereka (Deltras Red) sedikit menciptakan peluang. Dan hanya mampu menciptakan satu gol. Kedepan, kami akan terus melakukan perbaikan," lanjutnya.

Bentrok keenam kemarin merupakan laga tersengit yang dijalani Sriwijaya di kandang musim ini. Memasuki menit ke-14, Keith Kayamba Gumbs mampu membuka gol lewat tendangan penalti. Hukuman itu diberikan oleh wasit Najamudin Aspiran setelah gelandang Sriwijaya, Firman Utina dilanggar Khoirul Mashuda dalam kotak penalti pada menit ke-13.

Tertinggal satu gol, Deltras mencoba membalikan keadaan. Hasilnya cukup moncer, striker asing Amos Mara Mecket sukses menciptakan gol di menit ke-37 setelah mendapat umpan dari Mijo Dadic. Skor  berubah 1-1.

Tak mau meraih hasil seri, Sriwijaya terus memberikan tekanan. Beberapa peluang terus dilancarkan skuadra Kas Hartadi. Akhirnya, memasuki menit ke-41, Keith Kayamba Gumbs kembali membobol gawang Wawan Hendrawan, setelah mendapat umpan dari Firman Utina. Skor 2-1 hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, tempo permainan semakin tinggi. Beberapa peluang emas gagal diciptakan kedua tim. Baru, memasuki menit ke-62, striker Sriwijaya, Hilton Moreira sukses menambah keunggulan setelah mendapat umpan cantik dari Keith Kayamba Gumbs. Skor 3-1 untuk Sriwijaya.

Sebenarnya, Deltras mempunyai peluang untuk memperkecil ketertinggalan. Setelah, Indra Gunawan dilanggar keras Nova Ariyanto dalam kotak penalti. Sayang, Walter Brizuela yang menjadi eksekutor gagal menciptakan gol. Lantaran, tendangannya masih bisa di blok oleh kiper Sriwijaya, Ferry Rotinsulu. Skor tetap 3-1 untuk Sriwijaya hingga laga selesai.

"Sebenarnya, kami banyak sekali menciptakan peluang. Mungkin, pemain terlalu over lantaran terbebani kemenangan agar bisa menjadi pemuncak klasemen. Akibatnya, pemain hilang konsentrasi. Dipertandingan selanjutnya, itu tidak boleh terjadi lagi," tambahnya.

Sementara itu, kekalahan ini menambah koleksi hasil buruk bagi Deltras Sidoarjo. Sebab, The Lobster harus menelan hattrick kekalahan. Sebelumnya, tumbang 1-2 dari Persidafon Dafonsoro (26/1). Kemudian kalah 1-3 dari Persiram Raja Ampat, (4/2).

Gagal memetik poin, Deltras tak beranjak dari peringkat ke-12 dengan 11 poin dari 11 laga yang telah dijalani.  "Sebenarnya, kami mampu mengimbangi permainan Sriwijaya. Namun, pemain belakang kami sering melakukan kesalahan sendiri. Sehingga, kesalahan itu bisa dimanfaatkan pemain Sriwijaya FC," kata pelatih Deltras, Jorg Peter S, saat konferensi pers.

Bagaimana dengan kepemimpinan wasit dengan adanya dua kali penalti" "Saya tidak mau berkomentar soal wasit. Menejemen Deltras sepakat tidak akan mengomentari wasit. Yang jelas pada pertandingan kemarin kedua tim mampu menampilkan permainan terbaik dan sama-sama menyerang," pungkasnya. (gsm)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cavendish Menangi Etape Ketiga


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler