Bungkam Slovakia, Belanda Tebus Dosa

Kamis, 31 Mei 2012 – 11:19 WIB
ROTTERDAM - Kekalahan 1-2 dari Bulgaria dalam laga ujicoba pekan lalu merupakan tamparan keras bagi Belanda yang merupakan tim unggulan Euro 2012 ini.

Namun finalis Piala Dunia 2010 tersebut tak mau memperpanjang duka. Mereka sukses menebus dosa dengan membungkam Slovakia 2-0 dalam laga ujicoba di Stadion Feijenoord, Rotterdam, Kamis (31/5) dini hari tadi.

Tampil di hadapan publik pelatih tim Oranye, Bert van Marwijk memasang trio Robben, Sneijder dan Ibrahim Afellay untuk menyokong Robin Van Persie di barisan depan. Mereka sudah mengambil inisiatif serangan sejak menit awal.

Hasilnya, laga baru berjalan berjalan delapan menit ketika tuan rumah berhasil membuka keunggulan lewat gol bunuh diri Kornel Salata. Gelandang Slovakia ini terpaksa membuang bola ke jala sendiri saat berupaya menepis umpan Ibrahim Afellay dari sisi kiri gawang. Skor 1-0 membuat lautan pendukung berbaju Oranye yang memadati stadion bergemuruh. Belanda memimpin.

Setelah gol ini Robin van Persie, Affelay, Robben dan Van Bommel beberapa kali mendapatkan kesempatan menambah gol. Namun rapinya barisan pertahanan Slovakia membuat kesempatan itu terbuang percuma. Alhasil hingga turun minum skor 1-0 tetap bertahan.

Memasuki babak kedua Slovakia meningkatkan tempo serangan guna mengejar ketertinggalan. Namun gempuran Marek Hamsik dan kawan-kawan tak cukup kuat untuk membobol jala Netherland yang dikawal  Maarten Stekelenburg.

Semepntara di sisi lain Van Marwijk menarik keluar gelandang Internazionale Milan Wesley Sneijder dan Kapten Arsenal, Robin van Persie. Mereka ditarik keluar setelah serangkaian peluang yang tak mampu dituntaskan dengan sempurna. Duo bintang Liga Italia dan Inggris ini diganti Rafael van der Vaart dan Klaas-Jan Huntelaar.

Benar saja, pergantian ini langsung membawa perubahan dalam serangan Affelay CS. Hasilnya terlihat di menit ke 75. Van der Vaart mencetak gol pamungkas dalam laga tersebut setelah menerima umpan  Huntelaar di dalam kotak penalti. Skor 2-0 ini bertahan hingga laga berakhir mengingat Slovakia tak mampu memberikan balasan.(zul/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Persegres Tunggu Zeleny

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler