Buntut Tragedi Kanjuruhan, Menpora Amali Singgung Soal Ini

Minggu, 02 Oktober 2022 – 12:12 WIB
Komentar Menpora Zainudin Amali terkait tragedi kanjuruhan. Foto:Amjad/JPNN

jpnn.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menyinggung pentingnya edukasi kepada suporter sepak bola harus dimasifkan menyusul tragedi Kanjuruhan. 

Misalnya, kata politikus Golkar itu, suporter sepak bola perlu disadarkan tentang adanya pihak yang menang dan kalah dalam pertandingan sehingga hasil apa pun harus diterima. 

BACA JUGA: Tragedi Kanjuruhan Malang, Suporter PSM Ikut Rasakan Duka Mendalam

"Disadarkan bahwa pertandingan olahraga, baik sepak bola atau cabor apa pun pasti ada yang memang dan ada yang kalah, sehingga apa pun itu harus diterima," kata Amali melalui keterangan persnya, Minggu (2/9/2022). 

Menpora berharap tragedi Kanjuruhan tidak terjadi lagi ke depan setelah edukasi digelar masif, apalagi banyak suporter yang menginginkan pertandingan sepak bola bisa dihadiri secara langsung di stadion. 

BACA JUGA: Penggunaan Gas Air Mata di Dalam Stadion Ternyata Dilarang FIFA, Begini Penjelasannya

"Jadi, jangan menyalahkan timnya, apalagi pemainnya, pasti mereka sudah berusaha hanya lawannya mungkin lebih baik," kata Amali.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut tragedi Kanjuruhan bukan bentrok antarsuporter sepak bola. 

BACA JUGA: Ini Penyebab Tragedi Kanjuruhan Menurut Suporter Arema FC yang Selamat

"Tragedi Kanjuruhan itu bukan bentrok antarsuporter Persebaya dengan Arema," kata Mahfud kepada wartawan, hari ini. 

Eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu mengatakan bahwa Bonek Mania -suporter Persebaya- tidak diperkenankan hadir di Kanjuruhan.

Hanya Aremania -suporter Arema- yang boleh hadir di Kanjuruhan, sehingga tragedi ini bukan bentrok antarpendukung.

"Oleh sebab itu, para korban pada umumnya meninggal karena desak-desakan, saling impit, dan terinjak-injak, serta sesak napas. Tak ada korban pemukulan atau penganiayaan antarsuporter," ujar Mahfud. (ast/jpnn) 

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler