Bupati dan Wabup Grobogan Resmi Dilantik, Pak Ganjar Minta Urusi Masalah Pernikahan Dini

Senin, 26 April 2021 – 21:38 WIB
Gubernur Ganjar Pranowo melantik Bupati dan Wabup Grobogan. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, SEMARANG - Bupati dan wakil bupati terpilih Pilkada Grobogan 2020, Sri Sumarni-Bambang Pujiyanto resmi dilantik oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di gedung Gradhika Bhakti Praja, Senin (26/4/2021).

Ganjar meminta keduanya langsung tancap gas menyelesaikan berbagai persoalan di Kabupaten Grobogan. Mulai dari infrastruktur, pemulihan ekonomi, hingga pernikahan dini.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Kisah Duka KRI Nanggala 402, Ganjar Diminta Turun Tangan, Bobby Nasution Tegas

“Kan sekarang yang jadi perhatian di sana memang infrastruktur. Jalannya memang lumayan rusak, ini yang harus segera diperbaiki," kata Ganjar.

Beberapa waktu lalu, Ganjar sempat melakukan kegiatan dinas ke Kabupaten Grobogan. Dia melihat sendiri kondisi jalan di Grobogan yang mendesak dilakukan perbaikan.

BACA JUGA: Jateng Mulai Pembelajaran Tatap Muka Tahap II, Pak Ganjar Beri Izin Tambahan Jumlah Kelas

"Beberapa juga ada yang jalan provinsi, maka kami sudah menyiapkan di Musrenbang untuk perbaikan. Saya sampaikan terbuka, karena anggaran 2020 kemarin tidak bisa jalan karena refocusing dan anggaran 2021 hanya sedikit, mungkin baru bisa digaspol pada 2022 nanti," ujarnya.

Selain persoalan jalan, Ganjar juga meminta keduanya turut mengawasi pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di Kabupaten Grobogan.

BACA JUGA: Dubes Inggris Puji Ambisi Pak Ganjar di Sektor Ini

"Kemarin di Grobogan ada kabar guru tertular, maka saya minta dicek lagi. Saya titip kawan-kawan Pemkab Grobogan ikut mengawasi pelaksanaan pembelajaran tatap muka. Tidak usah ribut ini sekolah kewenangan provinsi atau kabupaten, pokoknya yang di Grobogan saya izinkan Bupati ngecek," tegasnya.

Selanjutnya, pemulihan ekonomi juga harus menjadi perhatian. Integritas harus dipegang teguh agar tidak ada lagi pungli, gratifikasi hingga korupsi.

"Sambil saya titip soal masa depan generasi bangsa. Kemarin ada informasi, pernikahan dini naik selama pandemi. Ini harus ditekan dan program ‘Jo Kawin Bocah’ harus diedukasi. Persoalan stunting juga jangan sampai diabaikan, program ‘Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng’ merupakan kunci untuk mengatasi persoalan-persoalan itu," tambah Ganjar.

Bupati Grobogan terpilih Sri Sumarni menyanggupi permintaan orang nomor satu di Jateng itu.

Dia mengatakan segera melaksanakan program kerja yang telah disiapkan. Terkait infrastruktur khususnya jalan rusak, Sri mengakui masih ada 28 persen jalan kabupaten yang mengalami rusak berat.

"Sebenarnya target selesai itu di 2021, sesuai visi misi periode awal saya kemarin tetapi karena ada Covid-19, anggaran direfocusing sehingga tidak bisa 80 persen jalan dalam kondisi baik sesuai target kami," katanya.

Sri juga siap membawa Grobogan menjadi daerah yang lebih maju lagi. Dia dengan tegas akan menegakkan integritas.

"Semua harus transparan, kita harus bisa melakukan itu. Kami akan terus pantau agar tidak ada praktik-praktik itu. Grobogan harus bersih dari korupsi," ujarnya. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler