Burhanuddin Dinilai Sebagai Jaksa Agung Terbaik, Mustolih Siradj Bilang Begini

Senin, 20 Juni 2022 – 22:07 WIB
Jaksa Agung ST Baharuddin. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sanitiar Burhanuddin mendapat penilaian sebagai Jaksa Agung terbaik dan disejajarkan dengan pendahulunya, yakni R Soeprapto dan Baharuddin Lopa.

Penilaian itu disampaikan anggota Komisi III DPR RI I Wayan Sudirta.

BACA JUGA: Wayan Sudirta Apresiasi Jaksa Agung Berani Bongkar Kasus Besar dan Ambil Risiko

Pengamat dan praktisi hukum Mustolih Siradj pun menanggapi penilaian anggota Fraksi PDIP Wayan Sudirta terkait kinerja Jaksa Agung Burhanuddin.

“Saya kira tidak berlebihan, ya, sepadan dengan kinerja dan prestasi Jaksa Agung. Kinerja Jaksa Agung layak diapresiasi publik,” kata Mustolih, Senin (20/6).

BACA JUGA: Wayan Sudirta PDIP: Pendidikan Kader Sebagai Bekal Pengabdian kepada Rakyat

Dia mengatakan wajah kejaksaan khususnya Kejaksaan Agung selama dipimpin Burhanuddin memang mengalami banyak perubahan mendasar.

Menurut dia, ada peningkatan kepercayaan publik terhadap kinerja kejaksaan di saat lembaga KPK melemah. 

BACA JUGA: Jaksa Agung Bersikap Tegas, 2 Jaksa Sumenep Langsung Dimutasi

Melalui sejumlah gebrakan yang dibuat, dia menilai kinerja Korps Adhyaksa makin profesional, responsif, transparan, dan akuntabel.

“Penegakan hukum dan penanganan perkara juga makin berkualitas, adil, dan bermartabat,” ujar dia. 

Menurut dia, publik berharap Jaksa Agung terus meningkatkan kinerjanya. Khususnya membongkar kasus yang berkaitan dengan keadilan dan hajat hidup publik. 

“Belum lagi keberhasilan dalam membongkar kasus besar yang jadi sorotan publik. Jadi, hemat saya, wajar jika harapan publik sekarang tertuju ke Jaksa Agung,” ujarnya.

Menurut dia, penyematan apapun atas sepak terjang seseorang atau lembaga mesti memiliki padanan dalam kenyataan. 

Padanan itu, lanjutnya, bisa berupa capaian kinerja dengan indikator yang terukur  atau pun pengakuan moral masyarakat, baik dalam negeri maupun dunia internasional. 

“Semuanya ada pada Jaksa Agung sekarang, kinerjanya diakui dan dipuji DPR. Masyarakat juga mengakui dan makin percaya Kejagung,” ungkap Mustolih. 

Dia juga mengungkap dunia internasional memuji keseriusan Kejagung di bawah komandu Burhanuddin, khususnya dalam mengusut kasus pelanggaran HAM berat tragedi Paniai, Papua, 2014 silam.

Apresiasi datang langsung dari Komisioner Tinggi Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (HAM PBB) Michelle Bachelet. “Ya, artinya memang layak,” tegasnya. 

Kendati demikian, dia mengingatkan Burhanuddin agar tidak cepat puas dengan capaian yang telah diraihnya. Pasalnya, penyematan sebagai Jaksa Agung terbaik masih perlu terus diuji dan dibuktikan sepanjang kepemimpinannya. 

“Waktu yang akan menguji, mudah-mudahan terus gigih menjaga wibawa penegakan hukum kita,” pungkas Mustolih.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler