Bus Rombongan Pengantin Terguling

Senin, 12 Maret 2012 – 12:19 WIB

KARANGREJA – Sebuah kecelakaan tunggal, terjadi di Jalan Raya Karangreja, Purbalingga, Minggu (11/3) sore. Bus PO Teguh dengan nomor Polisi R 1498 LA terguling di Jalan Raya Karangreja, tepatnya di Cingkrik Bayeman, Desa Tlahab Lor, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, sekitar pukul 14.30.

Bus yang memuat rombongan pengantar pengantin dari Patikraja, Kabupaten Banyumas ini terguling setelah sebelumnya menabrak tebing, yang terletak di kiri jalan. Bus yang dikemudikan oleh Hadi Suparjo (42), warga Kelurahan Teluk, Kabupaten Banyumas itu diduga kuat mengalami slip kopling, sehingga melaju tak terkendali.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Radarmas (Group JPNN) di lapangan, bus yang baru saja mengantar rombongan pengiring pengantin tersebut baru saja mengikuti resepsi pernikahan di Karangreja.

Namun, bus yang melaju dari arah utara ke selatan yang saat itu sedang berusaha mengurangi kecepatan dengan mengurangi persneling, karena kondisi jalan yang menurun dan berkelok mengalami slip kopling.

Karena bus melaju tak terkendali, sopir berusaha membanting stri ke arah kiri. Bus kemudian menabrak tebing yang berada di sisi kiri jalan. Bus kemudian oleng ke sebelah kanan dan kemudian terguling.

Akibat kejadian tersebut, satu orang penumpang mengalami luka ringan. Sedangkan pengemudi bus mengalami patah tulang, dan kemudian dibawa ke RSUD dr Goeteng Taroenadibrata Purbalingga.

Evakuasi bangkai bus yang memakan waktu lebih dari satu jam sempat membuat arus lali lintas di jalan tersebut tersendat. Kendaraan yang hendak menuju arah utara dan selatan tidak bisa melewati lokasi kejadian.

Akibatnya kemacetan pun tak terhindarkan. Arus lalu lintas baru pulih setelah bangkai bus berhasil dievakuasi oleh mobil derek yang sengaja didatangkan Polisi ke lokasi kejadian.

Sebelum berhasil dievakuasi, petugas dari mobil derek sempat mengalami kesulitan dalam mengevakuasi bangkai bus. Sebab, badan bus sempat tidak berhasil dibalik. Setelah dua kali mencoba bus berhasil balik. Sehingga evakuasi berhasil dilakukan dengan mulus.

Menurut keterangan beberapa penumpang yang ditemui Radarmas di lokasi kejadian, mobil meluncur tak terkendali ketika memasuki tikungan pertama di Cingkrik Bayeman. Sopir sudah berusaha menghentikan laju kendataan namun tak berhasil, hingga akhirnya bus terbalik. “Untuk tidak ada korban jiwa. Hanya luka ringan yang dialami oleh penumpang,” kata salah satu penumpang, yang enggan dikorankan namanya. (tya)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Pertamina Kepri Tak Berdaya Hadapi Penimbun BBM


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler