Busana Polkadot Jadi Tren di Korut

Kamis, 21 Maret 2013 – 08:20 WIB
PYONGYANG – Busana polkadot (corak kain berbentuk bulatan) kini menjadi tren di Korea Utara (Korut). Warga di negeri Kerajaan Hermit (baca: tertutup) itu sedang dilanda demam busana polkadot. Terutama, kalangan perempuan.

Sebuah lembaga analis riset di Korea Selatan (Korsel) Rabu (20/3) merilis bahwa busana polkadot kini berada pada pemuncak daftar sepuluh produk konsumsi terpopuler di Korut. Itu terjadi setelah Ri Sol-ju, first lady atau istri pemimpin tertinggi Korut Kim Jong-un, memakai busana tersebut dalam acara atau di depan publik. Stasiun televisi negara pun menayangkan penampilan sang ibu negara.

’’Perempuan muda di Korut sangat antusias dan tertarik dengan gaya busana ibu Negara. Mereka berusaha untuk menirunya,’’ beber Dong Yong-seung, peneliti senior pada Samsung Economic Research Institute, lembaga analis riset Korsel, saat diwawancarai Agence France-Presse di Seoul.

Dalam daftar 10 produk konsumsi paling disukai di Korut akhir tahun lalu, busana polkadot berada di posisi teratas. Lalu, diikuti mesin perontok (penggiling) padi.
Dong mengompilasi 10 produk konsumsi terlaris di Korut sejak 2010. Dia mendasarkan risetnya itu lewat wawancara dengan warga Korut yang membelot maupun pedagang asal Tiongkok di sepanjang perbatasan utara (Tiongkok-Korut).

’’Mesin penggiling padi manual termasuk barang paling dicari karena kendala listrik akibat seringnya pemadaman di wilayah pedalaman Korut,’’ papar Dong.

Ri Sol-ju mengenakan busana atasan bercorak polkadot merah ketika mendampingi Kim Jong-un dalam peresmian taman hiburan rakyat Rungna di Pyongyang pada 26 Juli tahun lalu. Busana serupa dikenakannya pula saat bersama sang suami menyaksikan konser Moranbong Band. Kali pertama, perempuan 20-an tahun tersebut diberitakan sebagai istri Kim Jong-un oleh media Korut pada Juli 2012. Padahal, keduanya menikah pada 2009.(AFP/The Huffington Post/cak/dwi)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tekhnologi Pengaruhi Kehidupan Seks Remaja

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler