Butuh 210 PPK Untuk Pilkada Garut

Jumat, 10 Mei 2024 – 21:37 WIB
Ketua KPU Kabupaten Garut Dian Hasanudin. ANTARA/Feri Purnama.

jpnn.com - GARUT - Masyarakat Garut yang terpanggil berpartisipasi dalam melaksanakan Pilkada Garut, dapat segera mendaftarkan diri.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Garut Dian Hasanudin, setidaknya dibutuhkan 210 petugas panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan 1.326 petugas panitia pemungutan suara (PPS) untuk melaksanakan Pilkada Garut 2024.

BACA JUGA: Soal Jagoan PDIP di Pilkada Jateng 2024, Ganjar Berkata Begini

PPK dan PPS nantinya akan bekerja untuk melaksanakan tahapan pilkada di 442 desa/kelurahan yang tersebar di 42 kecamatan.

"Kebutuhan PPK 210 (orang), PPS 1.326 (orang) sekarang sedang proses rekrutmen," ujar Dian Hasanudin di Garut, Jumat (10/5).

BACA JUGA: Maju Pilkada, Caleg Terpilih Tak Perlu Mundur

Menurut Dian saat ini sudah masuk tahapan rangkaian persiapan pelaksanaan Pilkada Garut dengan menyiapkan PPK untuk masing-masing kecamatan membutuhkan lima petugas PPK.

Kemudian masing-masing desa dan kelurahan sebanyak tiga petugas PPS.

BACA JUGA: Kepala Daerah Diingatkan Segera Cairkan Dana Hibah untuk Pilkada

Seluruh PPK dan PPS itu akan melaksanakan tugas membentuk kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) yang siap ditugaskan di tempat pemungutan suara (TPS) yang akan dibentuk satu bulan sebelum pelaksanaan pilkada.

"Sebulan sebelum pemilihan dibentuk KPPS," katanya.

Dia menyampaikan saat ini KPU Garut masih melaksanakan tahapan seleksi 1.198 pelamar PPK tersebar di 42 kecamatan dengan melakukan seleksi tes tulis melalui computer assisted test (CAT).

Setelah peserta melewati tahapan CAT selanjutnya diumumkan yang lolos tahapan seleksi CAT di setiap kecamatan pada 10 Mei 2024 untuk selanjutnya mengikuti proses wawancara.

Setelah itu peserta melewati proses seleksi tanggapan dan masukan dari masyarakat yang akan menjadi pertimbangan dan penilaian KPU Garut untuk ditentukan 210 anggota PPK.

Dia menyampaikan selain perekrutan PPK, juga sedang dilaksanakan proses pendaftaran calon anggota PPS yang diperpanjang sampai Sabtu, 11 Mei 2024 dengan jumlah anggota yang dibutuhkan sebanyak 1.326 orang atau tiga orang per desa/kelurahan.

"Untuk pendaftaran PPS sedang perpanjangan pendaftaran sampai besok (Sabtu)," kata Dian. (Antara/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Golkar, PAN, dan Demokrat Siap Menangkan Jaro Ade Jadi Bupati Bogor


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler