Cak Imin Berziarah ke Makam KH Achmad Shiddiq di Jember

Sabtu, 04 November 2017 – 23:13 WIB
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar saat berziarah di makam KH Achmad Shiddiq di Jember, Sabtu (4/11) malam. Foto: DPP PKB for JPNN.Com

jpnn.com, JEMBER - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar berziarah ke makam KH Achmad Shiddiq di Jember, Sabtu (4/11) malam. Dalam ziarah di kompleks pemakaman yang terletak di Jalan Gajah Mada Jember itu, Muhaimin didampingi sejumlah anggota DPR dan DPRD dari PKB.

Kiai Achmad Shiddiq yang meninggal pada 23 Januari 1991 merupakan sosok penting bagi Nahdatul Ulama (NU). Kiai kelahiran 24 Januari 1926 itu pernah menjadi rais aam syuriah PBNU.

BACA JUGA: Ini Beberapa Alasan Duet Cak Imin-AHY Sulit Terwujud

Cak Imin -panggilan kondang Muhaimin- mengatakan, Kiai Shiddiq merupakan sosok pejuang yang kemerdekaan yang punya peran penting dalam sejarah perjalanan NU. Ketika menjadi rais aam syuriah NU pada periode 1984-1991, Kiai Achmad Shiddiq pula yang mengajak nahdiyin menerima Pancasila sebagai asas tunggal.

“Kiai Ahmad Shiddiq ini kreator NU menerima pancasila sbg asas tunggal,” ujar Cak Imin.

BACA JUGA: Pro-One Deklarasikan Duet Cak Imin-AHY, Begini Respons PKB

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (berjaket loreng) saat memanjatkan doa di makam KH Achmad Shiddiq di Jember, Sabtu (4/11). Foto: DPP PKB for JPNN

BACA JUGA: Cak Imin Bisa Mewakili Kaum Muda Jadi Penentu Pilpres 2019

Bahkan, Cak Imin menyebut rais aam syuriah kelima di NU itu sebagai Kiai Pancasila. Mantan menteri tenaga kerja dan transmigrasi (Menakertrans) itu menjelaskan, Kiai Achmad Shiddiq bersama KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur meletakkan dasar-dasar berorganisasi kemasyarakatan dalam bingkai NKRI.

Karena itu, Kiai Achmad Shiddiq menerima Pancasila sebagai asas tunggal tanpa syarat apa pun. “Beliau pula yang meletakkan dasar konsepsi tidak ada pertentangan antara Islam dan Pancasila,” tutur Cak Imin.

Lebih lanjut Cak Imin mengatakan, merujuk pada sejarah hidup Kiai Achmad Shiddiq maka sebenarnya NU dan Islam adalah bagian dari perjuangan kemerdekaan RI. Karena itu, katanya, PKB pun menganggap kebangsaan dan keimanan bukanlah hal yang bertentangan.

Karena itu pula Cak Imin saat berziarah mengajak semua yang hadir mengirimkan doa untuk Kiai Achmad Shiddiq dan meneladani kiprahnya. "Beliau menunjukkan kepada kita bahwa salah satu cara menjalankan keimanan adalah dengan berbuat konkret bagi bangsa dan negara,” tutur Cak Imin.(jpg/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... PKB Minta Anies Tutup Semua Pesaing Alexis


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Muhaimin Iskandar   PKB   PBNU  

Terpopuler