Caleg Artis Tak Signifikan Jaring Suara Untuk Demokrat

Sabtu, 19 Mei 2012 – 19:49 WIB

JAKARTA - Partai Demokrat (PD) belum berpikir untuk menggandeng kalangan artis sebagai calon legislatif (caleg) pada Pemilu 2014 mendatang. Wakil Sekjen PD, Saan Mustopa, menegaskan bahwa partainya justru masih fokus menggembleng kader untuk diajukan sebagai caleg.

"Jadi sampai sekarang Partai Demokrat belum membidik artis," kata Saan saat berbincang-bincang dengan JPNN, Sabtu (18/5). Menurutnya, ada tiga cara untuk menyiapkan kader PD menuju 2014 nanti. Pertama, PD mendidik kader dengan pelatihan agar bisa membangun jaringan.

Kedua, mendidik kader untuk bisa melakukan kerja-kerja politik. Ketiga, mendidik kader agar bisa berkomunikasi dengan baik kepada rakyat dan konstituen.

"Menurut saya popularitas, uang, tidak relevan bisa menjadikan seorang sebagai anggota legislatif, kalau tidak punya kemampuan membangun jaringan, melakukan kerja politik riil dan berkomunikasi dengan baik kepada masyarakat," kata Saan.

Anggota Komisi III DPR ini menambahkan, jika belajar dari pemilu 2009 lalu maka tidak semua caleg berlatar belakang artis bisa terpilih menjadi anggota DPR. Bahkan artis yang ditempatkan di nomor urut teratas pun banyak yang tak lolos ke DPR.

"Jika dirata-ratakan, perolehan suara artis tidak mencapai 50 persen BPP (Bilangan Pembagi Pemilih).  Bisa dilihat dari profil anggota 2009-2014. Apalagi, ada artis yang tidak jadi. Kalau magnet partai, itu (artis) harusnya menjadi pendulang suara," katanya.

Bagaimana dengan kekhawatiran kader internal parpol bahwa sistem proporsional terbuka akan membuat pesohor seperti artis lebih berpeluang mendapat dukungan suara lebih banyak sehingga lolos sebagai anggota DPR? Saan menyebut hal itu tak relevan.  "Karena pada 2009 juga tidak juga seperti itu," katanya.

Saan juga tak sependapat dengan anggapan jika pada 2014 nanti caleg berduit akan lebih berpeluang lolos. Ia lantas menyebut beberapa nama caleg 2009 yang punya popularitas dan berduit, tapi tidak jadi anggota DPR.

Namun saat ditanya tentang komposisi caleg PD pada 2014 mendatang, Saan mengatakan, PD tetap membuka peluang dari kalangan non kader untuk menjadi caleg dari partai binaan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu. "Kita akan buka ruang buat eksternal yang bisa dicalonkan untuk Demokrat," pungkas Saan Mustofa. (boy/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Lima Parpol Bentuk Tim Audit Data Pemilih


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler