Caleg Bersaing Dapatkan Nomor Cantik

Sabtu, 13 April 2013 – 11:41 WIB
MAKASSAR -- Penetapan nomor urut calon anggota legislatif (caleg) di beberapa parpol masih cukup alot. Alasannya, kader partai politik utamanya yang merasa punya peran di partai sama-sama menginginkan nomor cantik atau nomor urut teratas.
   
Ini salah satunya teradi dalam penyusunan caleg DPC PAN Makassar untuk kursi DPRD Makassar. Ketua Bappilu DPD PAN Makassar, Sulawesi Selatan Zaenal Beta mengakui sikap kader yang sama-sama ingin nomor urut pertama. PAN Makassar kata dia masih sementara membahas proses penetapan nomor urut calegnya.
   
Kendati, Zaenal menyatakan DPD PAN Makassar sudah memastikan mendaftarkan calegnya ke KPU Makassar pada 17 April mendatang. "Kita sudah tetapkan agenda mendaftarkan daftar caleg ke KPU, kendati saat ini kami masih melakukan penyusunan nomor urut caleg. Penetapan nomor urut ini kita agak berbeda karena semua kader inginkan nomor pertama," kata Zaenal.
   
Pastinya kata dia, 50 orang caleg PAN Makassar sudah diplenokan nama-namanya untuk dicalonkan pada pileg 2014 mendatang. Susunan caleg PAN Makassar ini cukup berimbang antara kader internal dan eksternal. Langkah ini dilakukan karena PAN ingin perolehan suara partai berlambang matahari terbit ini naik hingga 100 persen dibanding saat ini.
   
PAN Makassar masih mengandalkan lima anggota dewannya meraup suara pada pileg mendatang. Dia berharap anggota dewan PAN saat ini bisa mempertahankan kursinya. Mereka adalah Busrah Abdullah, Rauf Rahman, Zaenal Beta, Lukman Basrah, dan Hamzah Hamid. Untuk kuota perempuan, dia mengaku PAN sudah tidak terkendala lagi, kendati sebelumnya partai ini sedikit meragukan pemenuhan kuota perempuan.
   
Wakil Ketua DPD PAN Makassar, Hamzah Hamid menambahkan 50 caleg PAN yang sudah diputuskan beberapa waktu lalu tidak diragukan lagi kapasitasnya. Dia pun mengajak caleg PAN tersebut untuk melakukan kerja-kerja politik agar bisa mendapat dukungan masyarakat luar.
   
"Sosialisasi secara langsung ke masyarakat baik memasang alat peraga atau dengan melakukan silaturahmi ke masyarakat. Di sini kita juga akan melihat sejauh mana keseriusan kader dalam mendapatkan dukungan masyarakat," katanya. (sah)

BACA ARTIKEL LAINNYA... SK DPC Gerindra Sarmi Bermasalah

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler