Calhaj Karawang Antre hingga 2020

Minggu, 14 Oktober 2012 – 02:24 WIB
KARAWANG - Kuota haji di Karawang sudah terisi penuh sampai tahun 2020. Untuk masyarakat yang akan mendaftarkan naik haji harus menunggu sampai tahun 2021, dengan jumlah kuota 17.017 jamaah.

Hal itu diungkapkan Kepala Kemenag Karawang, Edy Yusuf saat melepas jamaah haji kloter  67 jks yang merupakan gelombang terakhir di Karawang pada musim haji tahun 2012 ini, kemarin di Plaza Pemkab Karawang.

Menurut Edy, setiap tahun kuota haji Karawang sebanyak 2.125 jamaah. Jumlah itu tetap, kecuali jika tidak ada mutasi ke kabupaten lain maka jumlahnya akan berkurang. Hingga saat ini, setiap hari sedikitnya 6-7 calon haji mendaftar ke Kantor Kemenag Karawang.

“Jumlah kuota Kabupaten Karawang mencapai 17.017 jamaah yang antre hingga tahun 2021, mulai hari ini tidak ada lagi kuota keberangkatan haji untuk tahun 2020,” ujarnya.

Edy berpesan setiap jamaah yang sudah mendaftar ke Bank Penerima Setoran (BPS) yang ditunjuk pemerintah setelah mendaftar Rp25 juta harus mendaftar kembali ke urusan haji Karawang untuk memproses kuota.

“Hal ini agar namajamaah terdaftar di kemerntrian keagamaan dan bisa berangkat sesuai jadwal yang sudah ditentukan,” jelasnya.

Dikatakan, untuk kloter kali ini yang berangkat yaitu 157 jamaah rincian antara lain 11 jamaah Mandiri, 146 lewat KBIH, yang seharusnya total 159 jamaah ada 2 orang yang menunda jamaah karena hamil 1 dan jamaah karena sakit 1 lalu hal lain yang di jelaskan kloter kali ini di Kabupaten Karawang merupakan kloter gabungan dengan Sukabumi, Kuningan, Bekasi, dan TPHD pun dari Sukabumi. “Seluruh jamaah haji yang sebelumnya diberangkatkan sudah berada di tanah suci semua,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Karawang, Ade Swara mengatakan, pelayanan haji Karawang sudah memberikan pelayanan terbaik dari mulai pendaftaran, bimbingan manasik haji, pemberangkatan ke embarkasi Bekasi sampai pada pelayanan di saat ibadah di tanah suci nanti.

“Saya berharap para jamaah disana bisa selalu beribadah dengan khusyu dan mengikuti rangkaian ibadah Haji yang rukun wajib atau sunnah sunnah dan jangan lupa selalu mendoakan kami yang ada di Karawang agar Kabupaten Karawang bisa lebih baik lagi,” tukasnya.

Setelah sambutan Bupati H. Ade Swara didampingi Hj Nurlatifah dan jajaran Pejabat Pemkab Karawang bersalaman dengan para calon jamaah haji yang di iringi dengan doa kalimat talbiyah "Labaik Allahumma Labaik" dan juga terdengar isak tangis mengiri dari para pengantar jamaah haji, terlihat salah satu dari calon jamaah haji yaitu Kadisbudpar Karawang, Acep Jamhuri bersalaman mencium tangan dan memeluk bupati Karawang.(use)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Pancaroba, Ratusan Ayam Mati

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler