Calhaj Sesuaikan Identitas

Mulai Antre Buat Paspor

Minggu, 02 Juni 2013 – 05:35 WIB
PEMALANG - Calon jamaah haji se-eks Karesidenan Pekalongan meliputi Kota Pekalongan, Kota Tegal, Kabupaten Batang, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes, dan Kabupaten Pemalang mulai mengikuti tahapan pembuatan paspor haji yaitu foto, sidik jari, dan wawancara. Kegiatan itu dilakukan mulai Jumat (31/05) dan dijadwalkan sampai Juli mendatang.
 
Kepala Kantor Imigrasi Pemalang Ibnu Ismoyo melalui Kasi Lalulintas dan Status Keimigrasian (Lalintuskim) Hendratmoko menyampaikan, jumlah calon jamaah haji tahun 2013 untuk Kabupaten Pemalang adalah 620 orang. Sedangkan jadwal foto untuk Kabupaten Pemalang akan dimulai, Rabu (5/6) hingga Selasa (2/7) mendatang.

Namun demikian, sambung Hendratmoko, pihaknya tidak serta merta berpatokan pada jadwal yang telah dibuat. Menurutnya, tetap ada toleransi maksimal sampai akhir Juli nanti.
 
“Kendala-kendala untuk di Kantor Imigrasi sebetulnya tidak ada. Di lapangan sebetulnya terkait dengan persyaratan yang kebanyakan tidak konsisten antara KTP, KK, kartu lahir atau buku nikah bisa juga karena nama yang berbeda-beda,” ungkapnya.
 
Namun, papar dia, untuk calon jamaah haji tahun 2013 di Kabupaten Pemalang, utamanya dan eks-Karesidenan Pekalongan umumnya sudah siap dan sedang dalam proses foto, sidik jari, dan wawancara.

Jadwal dibuat secara seimbang yaitu dalam satu hari ada dua kota atau kabupaten yang masing-masing berjumlah 100 orang, sehingga dalam satu hari ada 200 orang.
 
“Itu plus minus, artinya tidak harus 200. Bisa kurang bisa juga lebih tergantung situasi pelayanan saat itu,” terang Moko (sapaan akrab Hendratmoko).

Jadwal, terang dia lagi, dibuat agar seluruh kabupaten bisa dilayani secera merata tidak ada yang didahulukan atau di layani paling belakang, semuanya agar terlayani dengan adil. Walaupun sesuai jadwal sampai dengan 8 Juli nanti, namun pelayanan tetap dilayani sampai akhir Juli.

Hal tersebut mengingat bahwa tidak semua calon jamaah haji yang sesuai identitas berada di daerah bersangkutan. Sebagai contoh calon jamaah haji orang Pemalang belum tentu berada di Pemalang karena suatu pekerjaan atau yang bersangkutan sedang sakit dan lain sebagainya.
 
Disampaikan pula, jumlah kuota haji tahun 2013 untuk Kabupaten Pemalang naik dari 575 tahun 2012 menjadi 620 untuk tahun 2013. Sedangkan untuk seluruhnya di wilayah eks Karesidenan Pekalongan pada tahun 2012 adalah 5.133 turun menjadi 4.812 pada tahun 2013.

Harapan dia, nantinya pada hari H tidak ada kendala. Selain itu, dalam setiap sosialisasi selalu berupaya untuk mengadakan pelayanan yang terbaik termasuk layanan pembuatan paspor online. Kantor Imigrasi Pemalang juga menyediakan website : pemalang.imigrasi.go.id serta layanan SMS Getway di nomor 08112622121.

“Semua pertanyaan yang diajukan secara otomatis akan dijawab oleh operator dalam hitungan detik,”  pungkasnya. (rid)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 30 Persen Jalan di Medan Berlubang

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler