Calon Haji 2021 Batal Berangkat, untuk Umrah Tolong Perjuangkan, Gus Yaqut

Kamis, 03 Juni 2021 – 22:25 WIB
Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto berharap ada pemberangkatan umrah tahun ini. Foto tangkapan layar YouTube Kemenag RI

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas geram dengan informasi hoaks yang berkembang di masyarakat soal penyebab Indonesia tidak diberikan kuota haji 2021 oleh pemerintah Arab Saudi.

Gus Yaqut -panggilan Yaqut Cholil Qoumas- menegaskan, pembatalan keberangkatan jemaah calon haji (JCH) 2021 semata-mata karena situasi pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Pengumuman Haji 2021, Gus Yaqut: Jangan Sampai Publik Salah Paham

Kerajaan Arab Saudi menurutnya belum memberikan kuota karena mencegah terjadinya penyebaran virus Corona.

"Informasi bahwa pemerintah Indonesia punya utang dalam penyelenggaraan haji, itu berita sampah. Saya pastikan Indonesia tidak punya utang catering, akomodasi, dan biaya operasional haji kepada Arab Saudi," ucap Gus Yaqut dalam konferensi pers, Kamis (3/6).

BACA JUGA: PDIP Cabut Dukungan, Bupati Alor yang Memaki Mensos Risma Ini Bereaksi, Simak Kalimatnya

Pada kesempatan sama, Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto menyebut pembatalan keberangkatan JCH Indonesia agak lebih lambat dibandingkan tahun lalu.

Pada 2020, katanya, keputusannya diumumkan pemerintah 10 hari setelah Idulfitri. Sedangkan tahun ini, diumumkan pada 22 Syawal.

BACA JUGA: Sebelum Ditembak Mati Teroris Papua, Habel Halenti Sempat Teriak Ampun Komandan

Dia juga membantah pembatalan keberangkatan itu lantaran adanya utang pemerintah Indonesia kepada pemerintah Arab Saudi.

"Tolong, umat Islam khususnya calon jemaah haji tidak percaya dengan infornasi itu," kata politikus PAN tersebut.

Yandri memastikan Komisi VIII ikut mendampingi pemerintah melakukan diplomasi ke Arab Saudi. Pemerintah Indonesia bahkan mengutus para ulama untuk melakukan lobi-lobi.

Namun, keputusan Arab Saudi tetap tidak mengizinkan penerbangan Indonesia ke Jeddah dan Madinah. Arab Saudi juga tidak kunjung memberikan kuota haji 2021.

Waketum PAN itu juga meminta kepada Gus Yaqut untuk melakukan lobi-lobi supaya pemerintah Indonesia bisa memberangkatkan jemaah umrah tahun ini.

"Kalau haji 2021 tidak dapat kuota, barangkali pemerintah bisa mendapatkan kuota umrah. Ini untuk memenuhi kerinduan umat ke tanah suci," pungkas Yandri. (esy/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
haji 2021   Gus Yaqut   umrah   Arab Saudi   DPR RI  

Terpopuler