Calon Hakim Agung Tersandung Tudingan Pamer Burung

Selasa, 25 September 2018 – 08:35 WIB
Calon Hakim Agung Amerika Serikat Brett Kavanaugh. Foto: AFP

jpnn.com, WASHINGTON - Jalan Brett Kavanaugh menuju kursi hakim agung AS makin terjal. Beberapa hari sebelum bersaksi soal dugaan pelecehan seksual terhadap Christine Blasey Ford, tuduhan baru muncul.

Kali ini, Kavanaugh dituduh telanjang di hadapan Deborah Ramirez saat masih menjadi mahasiswa Yale University. Tuduhan tersebut dipublikasikan dalam majalah The New Yorker. Kisah itu terjadi saat keduanya mabuk di sebuah pesta asrama.

BACA JUGA: Kapal Tenggelam di Danau Victoria, 224 Nyawa Melayang

Menurut Ramirez, ketika itu seorang pria tiba-tiba membuka semua bajunya. Kavanaugh yang dicalonkan Presiden Donald Trump menggantikan Anthony Kennedy yang pensiun itu lalu mencoba untuk menyodorkan penis ke wajah Ramirez.

"Korban sebenarnya ragu karena ingatannya saat itu sedikit kabur. Tapi, setelah enam hari mempertimbangkan, dia merasa perlu menceritakan hal ini," tulis The New Yorker.

BACA JUGA: Bukan Hoax! Hitler dan Lennin Bertarung di Pemilu Peru

Kavanaugh cepat-cepat membantah tuduhan kedua tersebut. Dia mengatakan, klaim Ramirez itu hanya bualan. Menurut dia, berita tersebut hanyalah upaya untuk menurunkan moralnya sebelum melanjutkan pencalonan hakim agung.

"Ini adalah kampanye untuk menodai nama saya. Sudah jelas dan simpel," ungkapnya seperti dikutip Reuters.

BACA JUGA: Ayatollah Tuding AS dan Saudi di Belakang Serangan Teroris

Teman-temannya yang menanggapi The New Yorker pun mengaku tak ingat dengan insiden itu. Mereka menyatakan bahwa Debbie, nama akrab Ramirez yang kini berusia 53 tahun, tak pernah bercerita tentang insiden tersebut.

"Perilaku itu jauh dari karakter Brett." Begitu pernyataan tujuh teman Kavanaugh seperti dilansir USA Today.

Sebelum berita Ramirez muncul, Kavanaugh maupun GOP, sebutan Partai Republik, yang mendukungnya sedang bersiap untuk menghadapi Ford dalam sidang kesaksian Kamis nanti (27/9). Profesor psikologi di Palo Alto University, California, itu akhirnya menegaskan bersedia hadir.

Sejak kasus itu muncul, Ford sebenarnya bimbang untuk muncul. Dia sudah meminta FBI turun tangan menyelidiki kebenaran tuduhannya. Dia juga meminta Mark Judge, teman Kavanaugh, dipanggil dalam kesaksian itu. Tapi, semua permintaan tersebut ditolak pihak Republik.

Senator Dianne Feinstein, anggota komite hukum Partai Demokrat, meminta proses pencalonan Kavanaugh ditunda. Dia juga meminta Kepala Komite Senator Chuck Grassley untuk mengulang pengecekan latar belakang oleh FBI.

Juru Bicara Grassley, Taylor Foy, mengatakan, komite tentu akan mengecek tuduhan baru tersebut. Namun, dia juga menyebut bahwa hal itu hanyalah upaya putus asa Demokrat untuk mengulur pengesahan Kavanaugh. (bil/c7/ttg)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Teroris Serang Parade Militer Iran: 25 Tewas, 70 Luka


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler