Calon Independen Jadi Pesaing Kuat Incumbent

Kamis, 08 Maret 2012 – 11:58 WIB
DUA calon independen yang saat ini masih berjuang keras untuk bisa lolos tahapan verifikasi, bakal menjadi ancaman serius calon gubernur dari incumbent. "Kalau dua-duanya dari jalur independen lolos, akan ada 5 pasangan termasuk incumbent yang maju," ujar pengamat politik, Andrinof Chaniago.

Tahapan verifikasi memang cukup berat. Namun, duet Faisal Basri-Biem Benyamin dinilai berpeluang lolos. Namun demikan, tidak tertutup kemungkinan pasangan Hendardji Soepandji-Riza Patria, juga bisa melewati masa sulit tersebut.
 
Apabila KPUD menetapkan adanya lima pasangan dalam Pilkada DKI, lanjut Adrinof, akan terjadi pemilihan dua putaran. Kalau terjadi, peluang incumbent akan sangat kecil. "Kalau dua putaran, maka peluang incumbent akan sangat kecil. Karena akan dikeroyok rame-rame. Selain itu, suara yang semula golput akan mengalir ke calon non incumbent," tuturnya.

Lebih jauh dia memprediksi, Pilkada DKI akan berlangsung meriah. Karena, positioning pasangan Faisal-Biem yang mewakili jalur independen dengan calon partai, berimbang.

Pandangan senada diungkapkan pengamat politik Charta Politica, Yunarto Wijayanto. Dia mengatakan, Pilkada DKI kemungkinan berlangsung dua putaran. "Menurut undang-undang, Pilkada DKI hanya satu putaran kalau ada yang menang di atas 50 persen. Saya kira, sangat sulit itu," ucapnya.

Apabila Pilkada DKI terjadi dua putaran, peluang Fauzi Bowo alias Foke sebagai incumbent, sangatlah kecil. Karena incumbent akan dijadikan sebagai musuh bersama bagi calon lain yang gugur. "Akan sangat sulit bagi incumbent kalau masuk putaran dua," tegasnya.

Berdasarkan polling, popularitas Fauzi Bowo sebagai calon incumbent, memang juara. Namun, trennya selalu mengalami penurunan yang signifikan. Data riset menyebutkan, angka ketidakpuasan terhadap layanan publik, justru terus melonjak. "Artinya, potensi penolakan publik terhadap incumbent sangat kuat. Dan, bisa saja calon independen seperti Faisal Basri, justru yang diminati. Kita lihat saja," ucapnya. (pes)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Jaring Capres, PPP Disarankan Gelar Konvensi

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler