Jaring Capres, PPP Disarankan Gelar Konvensi

Kamis, 08 Maret 2012 – 07:57 WIB

JAKARTA - Mencuatnya nama mantan wapres Jusuf Kalla sebagai calon presiden (capres) 2014 lantaran suara dukungan sejumlah DPW PPP mendapat tanggapan positif dari Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar, Akbar Tandjung. Bahkan, politisi senior ini menyarankan agar PPP melakukan konvensi secara terbuka untuk menentukan capresnya.

"Selama itu demokratis tidak masalah, karena bagaimanapun Ketua Umum PPP Suryadharma Ali juga masih memiliki peluang sebagai kandidat calon presiden. Yang mendukung Suryadharma Ali juga ada. Kalau mau terbuka dan demokratis lakukan saja konvensi,” kata Akbar pada wartawan, Rabu (7/3).

Akbar menyatakan, sah saja apabila JK menerima dukungan PPP ini. "Kalau secara opini dia didukung oleh PPP bisa saja, tapi secara formalnya itu bisa dipastikan setelah diketahui berapa dukungan suara  PPP dalam pemilu yang akan datang," imbuhnya.

Lebih lanjut dirinya menilai, dukungan sejumlah DPW PPP kepada Jusuf Kalla tersebut belum merupakan pernyataan resmi dari Partai PPP. "Itu belum merupakan putusan resmi dari PPP. Memang ada DPD-DPD yang menginginkan Pak JK, tetapi secara totalitas belum diketahui, belum tentu semuanya. Karena untuk mengajukan seorang calon presiden, sebuah partai harus mendapat dukungan sebesar 20 persen. Jadi kalau partai tidak bisa mendapatkan dukungan 20 persen, berarti harus ada gabungan parpol," tutur mantan Ketua DPR itu.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum DPP PPP  Suharso Manoarfa menegaskan partainya belum memutuskan untuk mengusung Jusuf Kalla. Hal ini dikatakannya untuk menanggapi terkait adanya dukungan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Sulawesi Selatan, yang mendukun Jusuf Kalla sebagai calon presiden.

"Tapi kami harapkan ada mekanisme, ada ketentuannya di dalam AD/RT. Jadi kita belum putuskan," kata Suharso.(dms)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Bupati Subang Divonis Korupsi, DPR Segera Panggil MA


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler