Capello Siapkan Enam Pengganti di Piala Dunia

Sabtu, 13 Februari 2010 – 05:14 WIB
Ashley Cole (kedua dari kanan). (Foto: AP Photo/Jon Super)

CEDERA Ashley Cole tidak hanya merugikan ChelseaTimnas Inggris ikut kelimpungan mengingat sektor bek kiri 'Three Lions - julukan timnas Inggris - seakan dipatenkan kepada Cole dalam delapan tahun terakhir.

Stadion Goodison Park menjadi mimpi buruk Chelsea Rabu lalu (11/2)

BACA JUGA: Menyesal Tinggalkan Timnas, Diragukan Bisa Bersaing

Tidak hanya ditaklukkan 1-2 si empunya stadion, Everton, Chelsea meratapi cederanya salah satu pemain andalannya
Ashley Cole meninggalkan lapangan dengan cedera cukup serius di engkel kirinya

BACA JUGA: Dunga Sisihkan Ronaldinho

Itu setelah Cole ditekling winger Everton Landon Donovan pada menit ke-57


Benar saja

BACA JUGA: Capello Keluhkan Rumput Tempat Latihan

Hasil pemeriksaan sinar x sehari setelah pertandingan menyatakan,  Cole mengalami retak engkelKabar buruknya, bek kiri 29 tahun itu divonis harus istirahat dari lapangan hijau tiga bulan ke depanPraktis, Cole bakal kehilangan sisa Premier League musim ini yang berakhir 9 Mei nanti

"Kami tentu sangat kecewa dengan cederanya karena dia (Cole) pemain penting dalam timSekarang, kami harus melakukan yang terbaik agar dia pulih secepatnya," kata Carlo Ancelotti, pelatih Chelsea, kepada Reuters

Absennya Cole sepertinya bakal bisa diatasi AncelottiItu karena The Blues, sebutan Chelsea, masih memiliki pemain pengganti yang memadai dan kompetitifDi antaranya Yuri Zhirkov (Rusia) dan Paulo Ferreira (Portugal).  Lain halnya dengan timnas Inggris.

Ya, Three Lions begitu waswas dengan cedera ColeJika pemulihan Cole tidak tepat sesuai estimasi, Inggris bisa kehilangan pemain dengan 77 caps itu di Piala Dunia 2010 yang tinggal 117 hari lagiDi sisi lain, seleksi skuad utama ke PIala Dunia sudah dimulai ketika Inggris beruji coba lawan juara Piala Afrika Mesir pada 3 Maret nanti.

Sudah banyak yang tahu bahwa Cole begitu mewarnai sepak terjang Three Lions dalam delapan tahun terakhirCole menjadi pilihan utama di Piala Dunia 2002 dan 2006 serta Euro 2004Sebenarnya ada satu pemain yang sering menjadi deputi Cole, yakni Wayne Bridge

Tapi, Bridge belakangan ogah bermain di Three Lions karena tidak ingin setim dengan John Terry, defender Chelsea dan InggrisGara-garanya tak lain karena Terry berselingkuh dengan mantan pacar Bridge, Vanessa Perroncel, semasa masih sama-sama bermain di Chelsea.

Pelatih Inggris Fabio Capello sadar dengan situasi ituBuktinya, Capello mencopot ban kapten Inggris dari Terry gara-gara terbongkarnya kasus hubungan terlarang itu"Kabar buruk dengan apa yang terjadi pada Ashley (Cole)Dia tidak hanya kuat dalam bertahan, tapi sangat berbahaya ketika naik ke depanSaya berharap tidak harus mencari penggantinya," tutur Capello seperti dikutip Daily Telegraph.

Hanya, sebagai jaga-jaga kemungkinan penolakan Bridge, Capello menyiapkan kandidat pengganti lainnyaSiapa saja ? Antara lain Stephen Warnock (Aston Villa), Leighton Baines (Everton), dan Joleon Lescott (Manchester City)Juga Gareth Barry (Manchester City) dan James Milner (Aston Villa).

Warnock paling favorit karena memiliki spesialisasi bek kiri dan pernah sekali membela timnas saat uji coba lawan Trinidad & Tobago dua tahun laluBandingkan dengan Baines yang sekalipun pernah dipanggil, belum pernah mencatat debutSedangkan tiga nama lainnya bukan pemain spesialisasi bek kiri.

"Sudah saatnya timnas mulai mempertimbangkan memberi kepercayaan kepada Leighton Baines karena dia bermain konsisten di posisinya selama beberapa tahun terakhirKemampuannya dalam set pieces merupakan kelebihan," tutur arsitek Everton David Moyes mengunggulkan anak asuhnya sebagaimana disitir Sky Sports(dns)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PFA Ingin Damaikan Terry - Bridge


Redaktur : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler