Cara Menaker Ida Mengembangkan Potensi dan Talenta Perempuan

Jumat, 28 Mei 2021 – 16:10 WIB
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan Kementerian Ketenagakerjaan memiliki konsen yang besar untuk mengembangkan potensi dan talenta perempuan. Foto: Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan Kementerian Ketenagakerjaan memiliki konsen yang besar untuk mengembangkan potensi dan talenta perempuan.

Hal itu agar perempuan berperan lebih besar dalam menggerakkan ekonomi.

BACA JUGA: Kemnaker Sebut Jumlah Tenaga Kerja Asing di Indonesia Terus Turun

"Ini bukan saja karena saya menaker perempuan, melainkan karena kesadaran bahwa pembangunan ketenagakerjaan harus dilakukan secara inkusif," kata Ida pada acara Women's Creative Week 2021 secara daring, Jumat (28/5).

Menurut Ida untuk mewujudkan harapan itu Kemnaker mencanangkan sembilan lompatan besar, salah satunya ialah pengembangan talenta muda.

BACA JUGA: Penanganan Kepulangan PMI Kemnaker Jalin Koordinasi dengan Kemenkes dan BP2MI

Terobosan pengembangan talenta muda ini diarahkan untuk mengelola dan mengoptimalkan potensi kreatif generasi millenial dan zelennial menjadi talenta muda yang siap menjemput future job yang semakin dinamis dan fleksibel.

"Hal ini karena sebagaimana kita ketahui, disrupsi dan otomasi yang menjadi akibat dari revolusi industri telah berdampak sangat dahsyat dalam perkembangan dunia ketenagakerjaan," ucapnya.

BACA JUGA: Kemnaker Beberkan Agenda Penting yang Bakal di Bahas dalam ILC 2021

Adapun terobosan pengembangan talenta muda ini dilakukan dengan beberapa agenda.

Ida menyebutkan salah satunya mentransformasikan Innovation Room menjadi Talent Hub sebagai wadah bagi talenta muda untuk mengembangkan potensi dan skills yang relevan.

Perempuan muda akan mendapatkan berbagai program pelatihan future skills, memperluas kesempatan kerja melalui program Talent Fest dan Tenaga Kerja Mandiri.

“Dengan memberikan ruang terbuka dan mendorong perempuan untuk meningkatkan potensi kreatif dan kompetensinya, maka mereka dapat berperan lebih besar dalam menggerakkan ekonomi, baik dengan menjadi pekerja maupun wirausaha,” katanya.

Program-program itu, lanjut Ida tersedia di Balai Latihan Kerja (BLK) di seluruh Indonesia dan berorientasi pada pola ketenagakerjaan di masa depan yaitu membentuk Talent Corner.

"Kemnaker juga melakukan pemetaan inovator muda dari berbagai bidang melalui kegiatan Talent Scouting," kata dia.

"Di sinilah perempuan menjadi bagian penting yang harus difasilitasi dalam mengembangkan talentanya," imbuhnya.

Ida berharap semakin banyak perempuan muda yang muncul sebagai pembaharu yang membawa solusi kreatif dan inovatif di berbagai bidang.

"Saya yakin potensi perempuan Indonesia sangatlah besar, bahkan dengan keuletan dan ketangguhannya, perempuan memiliki posisi strategis untuk menjadi bagian penting dalam pengembangan bangsa Indonesia kedepannya," ujar Ida Fauziyah. (jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler