Cara MIND ID Mendukung Pemerintah Mencapai NZE 2060

Senin, 08 Januari 2024 – 13:28 WIB
MIND ID atau Mining Industry Indonesia berkomitmen penuh mendukung upaya pemerintah dalam mencapai target Net Zero Emissions (NZE) pada 2060. Foto: dok MIND ID

jpnn.com, JAKARTA - MIND ID atau Mining Industry Indonesia berkomitmen penuh mendukung upaya pemerintah dalam mencapai target Net Zero Emissions (NZE) pada 2060.

Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf mengatakan komitmen tersebut diwujudkan dalam beberapa komitmen konkret dalam tiga pilar utama Grup MIND ID yang merupakan hasil elaborasi dari SDG’s 2030.

BACA JUGA: Peduli Pendidikan, MIND ID Tebar Ribuan Beasiswa sampai Tingkatkan Kapasitas Guru

Oleh karena itu, BUMN Holding Industri Pertambangan menerapkan strategi transisi energi yang berbasis pada tiga pilar yaitu To Prevent, To Reduce, To Mitigate.

Adapun upaya itu dilakukan oleh semua anggota, yakni PT Timah Tbk., PT Aneka Tambang Tbk., (Antam), PT Inalum, PT Bukit Asam TBK., (PTBA), dan PT Freeport Indonesia (PTFI).

BACA JUGA: Mobil Sehat Grup MIND ID Layani 4.731 Warga 3 Pulau Sepanjang 2023

“MIND ID terus memberikan nilai lebih bagi Indonesia salah satunya berkomitmen mendukung upaya pemerintah yang menargetkan NZE bisa rampung pada 2060 mendatang,” kata Heri seperti dikutip, Senin (8/1). 

Heri menjelaskan salah satu program yang diterapkan adalah kegiatan budi daya dan penanaman mangrove yang dilakukan PT Timah Tbk.

BACA JUGA: Cara Grup MIND ID Mengatasi Kelangkaan Pangan di Wilayah Operasional

PT Timah Tbk., secara konsisten melakukan penanaman mangrove di sekitar wilayah operasional perusahaan. 

Penanaman mangrove yang dilakukan anggota Grup MIND ID,  PT Timah Tbk dilaksanakan di Provinsi Bangka Belitung dan Provinsi Kepulauan Riau. 

"Upaya penanaman mangrove dilakukan sejak lama. Bahkan sejak 2010 PT Timah Tbk sudah menanam mangrove bersama yayasan Ikebana di Pulau Bangka,” katanya. 

Selain itu, PT Timah Tbk juga melakukan rehabilitasi mangrove bersama kelompok masyarakat, pemuda, akademisi dan kelompok nelayan. Hal ini selain diperuntukkan sebagai agen penyerap emisi karbon, juga sebagai upaya mencegah abrasi dan menjaga ekosistem pesisir.

Selain itu, anggota Grup MIND ID lainnya, PTBA juga aktif melakukan berbagai program mendukung tercapainya target pemerintah terkait NZE 2060 mendatang. 

PTBA berhasil membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Jalan Tol Bali Mandara dan PLTS di Gedung Airport Operation Control Center (AOCC) Bandara Soekarno-Hatta. Kehadiran dua PLTS tersebut mampu mengurangi emisi sekitar 414,1 ton CO2e. 

Penurunan emisi yang disebabkan keberadaan dua PLTS tersebut pada periode Januari hingga Oktober 2023, setara dengan menanam pohon 847 pohon. 

Keberhasilan tersebut merupakan bentuk komitmen PTBA dalam mendukung pencapaian NZE 2060. 

"Kemudian, PT Antam TBK. melalui UBPP Logam Mulia berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Jakarta Timur melakukan penanaman pohon secara serentak di 10 kecamatan di Jakarta Timur," ujar Heri.(mcr10/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler