Cara Pemkab Sumedang Capai Target Vaksinasi Kreatif Banget, Bisa Dicontoh Daerah Lain

Senin, 07 Maret 2022 – 10:57 WIB
Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir bersama dengan Wakapolda Jabar Brigjen Pol Bariza Sulfi meninjau vaksinasi Covid-19. Foto: Pemkab Sumedang

jpnn.com, JAKARTA - Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menyatakan terget vaksinasi Covid-19 dosis pertama di Kabupaten Sumedang hanya tinggal dua persen lagi.

Adapun total target vaksinasi Covid-19 di wilayah itu adalah 90 persen.

BACA JUGA: Pemprov dan Bank DKI Gelar Vaksinasi di Tempat Ini, Bisa Datang Langsung

"Kami ingin cepat mencapai target 90 persen," ujar H. Dony saat mendampingi Wakapolda Jabar Brigjen Pol Bariza Sulfi di Gedung Negara, Minggu, (6/3/2022).

H. Dony mengakui meski banyak kendala dalam mencapai target, tetapi pemda menggunakan cara-cara kreatif untuk mempercepat capaian vaksinasi Covid-19.

BACA JUGA: Situasi Covid-19 Membaik, Vaksinasi Dosis Kedua Capai 70 Persen

"Kami semua harus waspada dan berikhtiar dengan cara mengoptimalkan protokol kesehatan dan vaksinasi," ujarnya.

Dia menyebut beberapa kendala dalam proses vaksinasi adalah penyakit bawaan atau komorbid, sehingga warga tidak bisa melaksanakan vaksinasi.

BACA JUGA: Cegah Penyebaran Covid-19, NET dan Dompet Dhuafa Gelar Vaksinasi Booster

"Untuk mencapai angka 90 persen ini sudah mulai susah mencarinya. Tetapi kami akan berusaha mencari warga yang belum divaksin. Ada banyak faktor, selain komorbid, ada hal yang lainnya sehingga mereka tidak bisa divaksin," katanya.

Di sisi lain Wakapolda meninjau pelaksanaan vaksinasi di Gedung Negara dan melakukan 'video conference' dengan para Kapolres se-Jawa Barat membahas mengenai perkembangan vaksinasi di wilayah masing-masing.

Wakapolda Jabar Brigjen Pol Bariza Sulfi mengatakan saat ini rata-rata capaian vaksinasi Dosis II di Jawa Barat sudah berada di atas angka 70 persen.

Pihaknya menargetkan vaksinasi dosis I bisa secepatnya mencapai angka 90 persen.

"Itu target utama yang ingin kita capai. Capaian angka ini menjadi motivasi kita untuk terus berupaya dengan segala cara dan bantuan serta dukungan semua pihak untuk mencapai tujuan kesehatan di Provinsi Jawa Barat," katanya.

Menurutnya, kegiatan pemantauan vaksinasi Covid-19 merupakan tahapan yang harus dilalui.

Dia ingin mengetahui daerah mana saja yang capaian vaksinasinya sudah maupun belum memenuhi target.

Brigjen Pol Bariza pun meminta seluruh satuan wilayah yang belum mencapai target agar mengupayakan semaksimal mungkin.

"Yang perlu diakselerasi itu yang masih di angka 86 persen (ke bawah). Namun kami ingatkan, bagi yang sudah 87 persen ke atas jangan cepat berpuas diri, karena target kami 90 persen untuk dosis pertama," ujarnya.

Kapolres Eko Prasetyo menyebutkan target pemerintah kabupaten atau Pemkab Sumedang dalam seminggu ini ialah harus mencapai 90 persen untuk vaksinasi dosis I.

"Kami sudah melakukan pemetaan daerah mana saja yang warganya belum divaksinasi. Ini tinggal diakselerasi. Semoga semangat ini diikuti Pemda untuk menggerakan Puskesmasnya," ungkapnya.

Eko membeberkan saat ini ada sekitar 6.740 vaksin dosis I yang diberikan kepada masyarakat, setiap warga yang sudah divaksin mendapatkan  minyak goreng gratis.

"Minyak goreng dibagikan kerja sama dengan Disperindag untuk masyarakat yang vaksin dosis pertama khususnya lansia. Saat ini ada sekitar 100 liter. Masing masing kebagian kemasan satu liter," kata kapolres. (jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler