Cari Mata Biru untuk Suksesor Moyes

Minggu, 19 Mei 2013 – 04:05 WIB
SAAT Juli datang, saat itu pula David Moyes resmi bekerja untuk Manchester United. Di saat yang sama, Everton sudah akan ditangani manajer pengganti Moyes. Masalahnya, Everton masih kesulitan mencari suksesor Moyes di Goodison Park, markas Everton.

Nama Manajer Wigan Athletic Roberto Martinez sempat santer disebutkan sebagai pengganti Moyes. Namun, pria 39 tahun itu buru-buru menepis rumor tersebut. Kubu Wigan juga masih ingin memakai jasa pria Spanyol itu saat timnya mengarungi kompetisi di Europa League musim depan.

Perburuan masih terus berlanjut. Berbagai persyaratan diajukan. Tapi, yang sedikit di luar nalar adalah syarat yang menyebutkan suksesor Moyes harus memiliki mata biru.

Pertimbangannya? Bukan sekadar biru menjadi warna kebesaran Everton. Lihat saja Moyes yang memiliki bola mata berwarna biru. Lalu, kebanyakan manajer Moyes lainnya juga bermata biru.

Sebut saja nama-nama pendahulu Moyes, seperti Walter Smith, Dave Watson, Joe Royle, Mike Walker, Jimmy Gabriel dan Colin Harvey. Faktanya, dalam 25 tahun terakhir, hanya satu manajer yang tak bermata biru, yaitu Howard Kendall (bermata coklat).

Banyak yang akan mengatakan hal itu bukan kesengajaan. Atau, Evertonian "julukan pendukung Everton, tak terlalu mempermasalahkan warna dari penampakan fisik manajer timnya.

Tapi buktinya, Evertonian cukup perhatian akan penampakan fisik manajer timnya. Coba saja perhatikan nyanyian Evertonian saat menyambut Moyes di Goodison. "Dia punya rambut merah, tapi kami tak peduli!".

Warna merah dan biru memang jadi sesuatu yang penting di kota tempat Everton berdiri, yaitu Liverpool. Di kota itu ada derby yang selalu panas, yang menghadirkan perseteruan abadi antara kubu biru (Everton) dan merah (Liverpool).

Terlepas dari itu, Moyes menyebut sebenarnya Everton punya banyak potensi dari internal. Beberapa orang dalam manajemennya punya kemampuan untuk menduduki kursi panas mulai musim depan. Di antaranya mantan pemain Everton Alan Stubbs, David Weir atau Duncan Ferguson yang saat ini selalu ada di Goodison Park

"Seseorang dari dalam memiliki pengetahuan lebih. Mereka akan tahu pemain mana saja yang pas untuk masa depan, tahu bagian mana yang diperkuat dan mereka pasti tahu pemain yang sudah ada di tim," terang Moyes.

Tapi, di antara mereka, siapa yang bermata biru? (ady)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Vilanova Kembali Jalani Kemoterapi

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler