Casey Stoner Memukau di Valencia

Rossi dan Ducati Cenderung Pilih Big Bang

Jumat, 12 November 2010 – 05:05 WIB

VALENCIA - Sedikit gambaran persaingan MotoGP musim 2011 bisa disaksikan pada ajang uji coba di ValenciaPara pembalap yang sebagian mencoba motor baru bersama tim baru mendapatkan hasil yang berbeda-beda

BACA JUGA: KNVB Serang Balik Bayern

Tapi, hasil yang sangat positif menjadi milik Casey Stoner yang musim depan melaju bersama Honda.
   
Stoner dipastikan tak banyak mengeluh dengan motor RC212V yang ditungganginya
Hasil yang didapatnya di uji coba Valencia yang berakhir Rabu (10/11) malam WIB, melebihi perkiraan banyak orang, termasuk dirinya sendiri

BACA JUGA: Stamina Gonzalez Terlihat Payah

Stoner berada di posisi teratas catatan waktu terbaik saat sesi terakhir tersebut berakhir.

Stoner memang tak langsung menggebrak, namun hasil yang didapatnya sudah luar biasa
Di hari pertama uji coba (Selasa (9/11) dia berada di bawah juara dunia musim ini Jorge Lorenzo

BACA JUGA: Demam, Drogba Ternyata Malaria

Di awal hari kedua, dia justru melorot ke posisi ketiga, di bawah Lorenzo dan calon rekannya di tim utama Yamaha Ben Spies.

Tapi, gebrakan dilakukan pembalap Australia itu saat menjalani sesi terakhirDengan catatan waktu 1 menit 32,066 detik, dia memecundangi calon partnernya di Honda, Dani PedrosaDengan catatan waktu tersebut, dia mendapatkan peningkatan waktu 0,707 detik lebih cepat dari hasil catatan waktu terbaik sesi pertama.

Satu hal yang membuat dia makin merasa optimis menghadapi musim depan adalah tak ada kesulitan berarti dengan RC212VApalagi, di seluruh sesi uji coba, dia selalu lebih baik dari dua calon rekannya di Honda yang sudah lebih dulu bergabung, yaitu Pedrosa dan Andrea Dovizioso.
   
"Tak banyak yang membuat saya tak suka!" seru Stoner seperti dikutip situs resmi MotoGP"Tentu saja, jalan masih panjang bagi kami untuk (meningkatkan) performa motor, tapi kami sudah mendapatkan jalan untuk setting berikutnya," jelasnya.

Jika saja musim depan dimulai dalam waktu dekat, hampir bisa dipastikan Stoner akan mendapatkan status sebagai pembalap utama di HondaDia akan menggeser Pedrosa yang musim ini mengakhiri di peringkat kedua.
   
Sementara itu, pengganti Stoner di Ducati, Valentino Rossi belum mendapatkan setting yang baik pada motornyaBos Ducati Filippo Preziosi menyadari, timnya harus melakukan sejumlah perubahan dan perbaikan pada motor untuk memastikan Rossi bisa langsung kompetitifSebab, selama dua hari tes di Valencia, performa pembalap Italia itu masih jauh dari harapan.
      
Selama uji coba, hasil terbaik Rossi adalah peringkat kedelapanTapi pada hari kedua, pebalap berusia 31 tahun ini terpuruk ke posisi ke-15, ketika dia mengevaluasi dua opsi mesin yang dipertimbangkan untuk musim 2011.
      
Preziosi mengatakan, tim tampaknya akan tetap mempertahankan konfigurasi mesin big bang yang dipakai timnya pada musim 2010, dibandingkan dengan kembali ke gaya 2007-2009, yang bertipe screamerKeputusan itu diambil berdasarkan hasil tes dan prioritas motor tersebut tepat untuk Rossi.

"Setelah dua hari tes, kami akan kembali ke Ducati untuk melakukan sebuah pertemuan, di mana kami akan memutuskan yang mana yang dipakai antara dua mesin tersebut, the big bang dan the screamer, meskipun informasi yang kami miliki tertuju kepada mesin yang lalu," ujar Preziosi.

"Keputusan yang akan diambil dibuat berdasarkan analisa data secara mendalam, setelah mempelajari semua hasil tesYang pasti, Valentino harus membalap seperti Valentino!" lanjutnya(ady)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Stoner-Spies Langsung Cocok


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler