Catatan Kejahatan Basoka, Anak Buah Undius Kogoya yang Dilumpuhkan TNI-Polri

Senin, 08 Juli 2024 – 09:52 WIB
Basoka Lawiya anak Buah KKB pimpinan Undius Kogoya. foto: Satgas Damai Cartenz

jpnn.com, JAYAPURA - Basoka Lawiya, anak buah KKB Intan Jaya di bawah pimpinan Undius Kogoya terlibat berbagai aksi kejahatan. 

Hal itu diungkapkan Kepala Operasi Damai Cartenz Brigjen Faizal Ramadhani. Basoka Lawiya merupakan anggota KKB Kodap VIII Intan Jaya pimpinan Undius Kogoya. 

Menurut Faizal, Basoka tercatat melakukan berbagai aksi kejahatan baik di Intan Jaya maupun Paniai. Basoka juga terlibat kasus pembunuhan warga sipil. 

BACA JUGA: Melawan Saat Ditangkap, Anggota KKB Tewas Ditembak

Faizal memerinci aksi kejahatan Basoka antara lain: 

- Terlibat langsung dalam aksi pembakaran rumah Dinas ASN Kabupaten Intan Jaya pada 20 Januari 2024 di Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya.

- Terlibat langsung dalam aksi penangkapan dan pengeledahan yang dilakukan oleh kelompok KKB Intan Jaya terhadap Kepala Kampung Odiyai, Distrik Paniai Timur atas namanya Saudara Efraim Gobai pada tanggal 6 Mei 2024.

- Basoka terlibat dalam aksi penembakan dan pembakaran yang terjadi di jalan raya Madi, Kampung Uwibutu, Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai pada tanggal 22 Mei 2024.

- Kemudian pada 11 Juni 2024, terlibat dalam aksi pembunuhan terhadap warga Sipil atas nama Rusli yang terjadi di Kampung Kopo, Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai.

Basoka Lawiya tewas di tangan aparat gabungan TNI-Polri, di Nabire ketika hendak ditangkap saat terjaring razia di Kampung Topo, Distrik Uwapa, Kabupeten Nabire, Papua Tengah Minggu (7/7) petang, pukul 17.55 WIT. (mcr30/jpnn) 

BACA JUGA: KKB Pimpinan Kogoya Tembak Mati Warga Berprofesi Sopir

BACA JUGA: PNS Jual Senjata Api kepada Jaringan KKB


Redaktur : Natalia
Reporter : Muhammad Cholid Ridwan Abubakar Sangaji

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
KKB Papua   KKB   Basoka Lawiya   TNI   Polri   Papua   Intan Jaya  

Terpopuler