Cavendish Lagi, Cavendish Lagi

Akhir Sempuna Sky Procycling di Tour de France

Senin, 23 Juli 2012 – 08:41 WIB
PARIS - Sky Procycling alias Team Sky mengakhiri Tour de France dengan sempurna. Sprinter andalannya, Mark Cavendish, kembali menunjukkan kesaktian, meraih kemenangan di etape penutup Minggu (22/7) kemarin. The Manx Missile melintasi garis finis di Champs-Elysees, Paris, di depan Peter Sagan (Liquigas-Cannondale) dan Matt Goss (Orica-GreenEdge).
   
Kemenanga n itu merupakan yang ketiga bagi Cavendish, dan keenam total untuk Team Sky, di Tour de France 2012. Dua kemenangan etape time trial diraih Bradley Wiggins, yang kemarin juga merayakan sukses meraih yellow jersey alias juara overall.

Satu lagi kemenangan direbut Christopher Froome, yang kemarin merayakan finis kedua overall.

Sebenarnya, sudah banyak yang menjagokan Cavendish bakal menang di Champs-Elysees kemarin. Bagaimana tidak, pembalap 26 tahun itu sudah tiga kali berturut-turut menang di sana. Kemenangan kemarin adalah yang keempat berurutan.

Etape kemarin tergolong pendek, "hanya" 120 km menuju Paris. Di kawasan Champs-Elysees, salah satu jalanan paling kondang di dunia, sirkus balap ini berputar beberapa kali di hadapan ratusan ribu penonton.

Di putaran terakhir, Team Sky langsung mengambil alih kontrol lomba. Bradley Wiggins menjadi tukang tarik lebih dulu, lantas digantikan oleh Edvald Boasson-Hagen. Setelah tikungan terakhir, barulah Cavendish dilepas untuk melejit secepat mungkin ke arah finis.

Matt Goss merupakan pemburu utamanya. Namun di garis finis, Peter Sagan mencuri urutan kedua.

Walau gagal menang, Sagan menunjukkan pula ending luar biasa. Sebab, dialah pemenang green jersey, tertinggi di point classification. Tahun lalu, Cavendish adalah pemenangnya.

Di lomba ini, Thomas Voeckler (Europcar) merayakan jersey polka dot, juara mountain classification. Tejay van Garderen (BMC) jadi jawara young rider (U-25), merebut white jersey. RadioShack-Nissan-Trek mengamankan juara tim, mengalahkan Team Sky di klasemen tim.

Sebelum lomba, Cavendish sudah menyatakan niatannya untuk menang lagi di Champs-Elysees.

"Bagi saya, inilah jalanan paling indah di dunia. Ini jalanan ikon, terkenal bukan hanya di dunia balap sepeda. Kalau Anda tanya semua orang di dunia, mana tempat finis terbaik di balap sepeda, jawabannya kemungkinan besar adalah Champs-Elysees," tutur sang juara dunia road race.

Sementara itu, Wiggins berkomentar unik soal suksesnya. Dia menyampaikan pesan kepada anak-anaknya: "Ayah menang Tour." (aza)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemain Deltras Tempuh Jalur Hukum

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler