Cavendish Resmi ke Omega Pharma

Jumat, 19 Oktober 2012 – 12:30 WIB
BRUSSELS - Berakhir sudah spekulasi seputar masa depan Mark Cavendish. Kamis (18/10), pembalap Inggris Raya itu dipastikan akan bergabung ke Omega Pharma-QuickStep musim depan. Meninggalkan team Sky yang dibelanya tahun ini.

Kabar tersebut kali pertama dirilis Sky Sport news. Tak berapa lama kemudian dikonfirmasi team Sky di website resmi mereka. Disebutkan, Cavendish menandatangani kontrak dengan Omega Pharma untuk durasi tiga tahun.

Cavendish hanya menjalani satu tahun dari kontrak yang seharusnya berdurasi tiga tahun bersaam Team Sky. Melalui pengakuan Cavendish, sebenarnya dia sudah mengajukan niatnya untuk meninggalkan tim yang berbasis di Inggris itu sebelum Tour of Britain, September. Manajer Team Sky Dave Brailsford malah sudah mengindikasikan Cavendish berniat keluar usai berlangsungnya Tour de France.

Keputusan itu dipicu ketidak puasan Cavendish terhadap kebijakan tim yang mengunggulkan satu pembalap untuk meraih general classification. Akibatnya, Cavendish yang seorang sprinter tidak mendapatkan dukungan yang mencukupi untuk mengejar gelar best sprinter.

Sementara Omega Pharma tak terlalu mementingkan mengejar kemenangan general classification. Dalam skuad mereka tak ada peran jelas untuk pembalap yang ditunjuk meraih kemenangan general classification. Tapi, tim itu punya beberapa pembalap yang lihai mencari kemenangan etape juga meraih green jersey sebagai pemenang klasemen poin.

Hal itu sejalan dengan motivasi Cavendish. Tangguh untuk urusan sprint membuatnya bukan jagoan general classification. Karena itulah dia tidak cocok dengan Team Sky yang punya beberapa pembalap untuk diprioritaskan sebagai pemenang general classification.

Sudah sejak lama omega Pharma disebutkan sebagai pihak yang paling agresif mendekati Cavendish. Dengan dukungan dari sepeda yang menjadi sponsor Cavendish dan Omega Pharma, Specialized, keinginan tersebut bukan hal yang sulit. (ady/ang)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemain Magang Lewati Pemain Inti

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler