Cedera Hantui Unggulan

Selasa, 17 Januari 2012 – 19:47 WIB
Fernando Verdasco
MELBOURNE - Hari pertama grand slam Australia Terbuka tak begitu bersahabat bagi para petenis yang menempati daftar unggulan. Empat petenis unggulan di tunggal putra sudah harus tersisih dari persaingan.

Potensi kejutan masih begitu besar mengingat cedera yang dibawa para petenis papan atas ke grand slam awal tahun itu. Petenis Spanyol Fernando Verdasco menjadi unggulan tertinggi yang sudah harus menghilang dari persaingan. Unggulan ke-22 itu harus mengakui keunggulan harapan tuan rumah Bernard Tomic,4-6, 6-7 (3), 6-4, 6-2, 7-5.
 
Faktor fisik menjadi kelemahan Verdasco saat menghadapi petenis 19 tahun itu. Saat Tomic bangkit dan makin kuat, Verdasco malah kehabisan tenaga usai kekalahan di set ketiga. "Semua tentang mendapatkan kebugaran sebelum turnamen besar seperti ini. Dengan begitu, anda mampu memaksa diri anda saat kemungkinan menang demikian besar," tutur Tomic.

Selain Verdasco, unggulan ke-25 Juan Moncao (Argentina), unggulan 28 Ivan Ljubicic (Kroasia) dan unggulan 31 Jurgen Melzer (Austria) juga terhenti. Sementara, unggulan ke-20 Florian Meyer mundur sebelum bertanding karena mengalami cedera pinggang.

Cedera juga menyulitkan unggulan kedua Rafael Nadal (Spanyol). Baru pulih dari cedera bahu yang dideritanya di akhir musim 2011, Nadal mendapatkan cedera baru di babak pertama. Dia mengalami masalah pada tendon lutut kannya. Meski demikian, dia masih melaju dengan kemenangan 6-4, 6-1, 6-1 atas petenis Amerika Serikat (AS) Alex Kuznetsov.

Nadal bermain dengan lutut kanan yang dibebat tebal. Dia merasa ada masalah sejak di hotel sehari sebelum pertandingan. Bahkan, dia sempat tak bisa menggerakkan lututnya di malam sebelum pertandingan.

 "Saya memulai laga dengan sedikit ketakutan dan gugup karena saya sangat kecewa kemarin. Tapi, setelah set pertama berakhir, saya mulai bermain seperti dalam kondisi normal," tutur Nadal. "Sampai sekarang, saya tak tahu apa yang sebenarnya terjadi," tambahnya.

Juara empat kali Roger Federer (Swiss), unggulan teratas tunggal putri Caroline Wozniacki (Denmark) dan juara bertahan Kim Clijsters (Belgia) juga membawa cedera ke Australia Terbuka. Sama seperti Nadal, mereka juga lolos dari ujian perdana di panasnya suhu Melbourne.

Federer, yang mundur dari Qatar Terbuka dua pekan lalu akibat cedera punggung, melaju dengan kemenangan 7-5, 6-2, 6-2 atas Alexander Kudryavtsev. "Tak masalah, saya senang dan 100 persen fit," kata Federer.

Clijsters menang 7-5, 6-1 dari Maria Koehler (Portugal) dan tak memperlihatkan masalah pada cedera pinggul yang dideritanya dua pekan lalu. Sementara, Wozniacki mengatasi Anastasia Rodionova (Rusia) 6-2, 6-1, juga mengatasi cedera pada pergelangan tangan kirinya. (ady/diq)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Pantang Underestimate

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler