Cegah Batu Ginjal, Ini 9 Manfaat Konsumsi Kecap Campur Jeruk Nipis

Kamis, 28 Januari 2021 – 07:48 WIB
Jeruk nipis. Foto: damrong rattanapong/123rf

jpnn.com, JAKARTA - AIR perasan jeruk nipis yang dicampur dengan kecap manis telah lama digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Berikut ini beberapa manfaat konsumsi air perasan kecap campur jeruk nipis, seperti dilansir laman Genpi.co.

BACA JUGA: 6 Hal Ini yang Terjadi Akibat Mengonsumsi Kecap Berlebihan

1. Menurunkan Risiko Stroke

Manfaat vitamin C yang terkandung dalam kecap dan jeruk nipis ini sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan risiko stroke.

BACA JUGA: Bisa Sembuhkan Batuk, Ini 8 Manfaat Jeruk Nipis yang Perlu Anda Ketahui

Sehingga bisa memperlambat perkembangan dari penyakit jantung koroner seperti aterosklerosis dengan cara mengurangi lapisan lemak di arteri.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

BACA JUGA: Menyehatkan Ginjal, Ini 7 Manfaat Seledri untuk Tubuh

Salah satu alasan mengapa batuk bisa disembuhkan dengan mengonsumsi kecap dan jeruk nipis adalah karena kedua bahan ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sehingga tidak hanya bisa dikonsumsi untuk menyembuhkan batuk, tetapi juga menyembuhkan flu, pilek, radang paru paru, dan solusi diare.

3. Meningkatkan Penyerapan Zat Besi

Tingginya kandungan vitamin C dalam dua bahan ini akan membantu memaksimalkan tubuh dalam penyerapan manfaat zat besi.

Untuk itu, kombinasi kedua bahan ini sangat baik untuk mengurangi gejala penderita anemia defisiensi besi seperti kuku yang rapuh, kerontokan rambut, mengatasi lelah dan juga sakit kepala.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Kecap dan jeruk nipis mengandung vitamin A yang sangat baik untuk mengeluarkan racun dalam tubuh perusak kulit.

Untuk itu mengonsumsi campuran kecap dan jeruk nipis bisa dijadikan solusi kecantikan kulit untuk mencegah kekeringan, keratinisasi, dan juga masalah kulit seperti psoriasis.

5. Mencegah Batu Ginjal

Manfaat vitamin A yang terkandung dalam kecap dan jeruk nipis juga bisa mencegah pembentukan batu saluran kemih karena kalsium fosfat.

Sehingga menjaga lapisan saluran kemih terbentuk untuk mengurangi kemungkinan batu ginjal.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol

Jika kadar kolesterol tinggi anda alami, maka Anda bisa mengonsumsi kecap dan jeruk nipis untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sekaligus langkah pencegahan terbaik.

7. Meningkatkan Kesehatan Otot

Fosfor dalam kecap dan jeruk nipis adalah mineral penting untuk kesehatan otot sekaligus membantu suplai oksigen untuk kontraksi otot.

Menjaga elastisitas dan bentuk otot, sekaligus mengatasi lelah sesudah selesai berolahraga.

8. Menjaga Suhu Tubuh

Manfaat zat besi menjadi mineral penting untuk suhu tubuh, sehingga untuk menjaga suhu tubuh agar tetap stabil baik dalam enzimatik dan juga fungsi metabolik, maka juga bisa di atasi dengan mengonsumsi jeruk nipis campur kecap.

9. Sumber Antioksidan

Kombinasi kecap dan jeruk nipis sama-sama merupakan sumber antioksidan alami yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas.

Radikal bebas merupakan penyebab penuaan dini dan beberapa risiko penyakit lainnya seperti jantung, sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi.(genpi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler