Cegah Kanker Payudara Kembali, Jaringan Sehat Diangkat 2 Mili

Rabu, 20 Oktober 2010 – 03:03 WIB
Foto : Daily Mail

WANITA yang menderita kanker payudara masih rentang terserang sekalipun sudah menjalani operasiNamun hasil penelitian terbaru menunjukkan, potensi kembalinya kanker bisa dikurangi hingga 90 persen jika saat melakukan pengangkatan kanker juga disertai pengangkatan sel-sel sehat di sekitar kanker hingga 2 mm.

Selama ini, pembedahan untuk mengangkat kanker payudara selalu menjadi pengalaman yang menyedihkan

BACA JUGA: Industri Film Porno AS Lumpuh

Banyak ahli yang melakukan pembedahan akan berupaya mempertahankan jaringan yang sehat sebanyak mungkin demi kecantikan.
 
Dikutip dari Daily Mail, Selasa (19.10), sebuah penelitian terbaru telah mendorong para dokter untuk mencari panduan baru guna mencoba mengurangi peluang kembalinya kanker
Jumlah jaringan yang diangkat dalam setiap operasi kanker payudara berbeda-beda di antara para dokter bedah.

Sementara beberapa ahli hanya memangkas 1mm jaringan di sekitar tumor, ahli lainnya memindahkan lebih dari 1 cm dengan harapan kemungkinan tumor akan menyerang lagi bisa dikurangi.

Para dokter di Rumah Sakit Good Hope, Sutton Coldfield, Birmingham, menemukan adanya penurunan secara dramatis kemungkinan serangan balik kanker jika lebih banyak jaringan sehat dipotong, terutama di kalangan wanita penderita kanker payudara invasif dan mematikan yang sering menyebar ke organ lainnya.

Dalam sebuah penelitian terhadap 303 wanita yang menjalani operasi kanker dengan disertai pengangkatan jaringan sehat sekurang-kurangnya 2 mm, hanya 2,4 persen saja yang berisiko terserang lagi

BACA JUGA: Tak Hanya Gizi, Asupan Moral pun Perlu

Sementara wanita yang dioperasi dengan disertai pengangkatan jaringan sehat hanya 1 mm, ternyata peluang terserang lagi mencapai 35 persen.

Dr Stephen Ward yang memimpin penelitian mengungkapkan, survei atas 200 pembedahan kanker payudara di Inggris yang dipublikasikan 2007 mengungkap adanya perbedaan yang lebar tentang batas yang mamadai jaringan sehat yang bisa diangkat
24 persen menginginkan batasan yang tegas adalah 1 mm, sedangkan 65 persen mengingingkan batasan minimal 2 mm

BACA JUGA: Jangan Santap Mie Instan Setiap Hari

"Penelitian ini menyoroti perbedaan dalam praktik tentang kebutuhan bagi petunjuk berdasarkan bukti," ucapnya.

"Penelitian kami menemukan bahwa kemungkinan menyeluruh tentang penemuan sisa penyakit 2,4 persen jika pengidap kanker menjalani operasi dengan batas jaringan sehat yang diangkat dua milimeter atau lebih," lanjut Dr Ward.

Berdasarkan hasil penelitian itu, Dr Ward meyakini bahwa batas minimal 2 mm dari area kanker yang diangkat perlu ditambah untuk meminimalkan penyakit yang tertingalNamun batasan bebas bagi kanker yang tidak ganas masih belum jelas.

Namun Dr Ward juga wanti-wanti bahwa menghilangkan kemungkinan sisa penyakit selama pembedahan kanker payudara sangatlah penting, sebagaimana hampir 50 persen pasien kambuh dan mengembangkan kanker payudara sekunder, yang menjadi penyakit prigresif tak terobati.

Lebih dari 47 ribu perempuan didiagnisa mengidap kanker payudara dan 12 ribu di antaranya harus kehilangan nyawaAngka keberlangsungan hidup meningkat secara drastis selama 30 tahun terakhir dan 8 dari 10 penderita kanker akan hidup lima tahun sejak pertama kali terdiagnosa.(ara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemuda dan Penderita Penyakit Kronis Berpotensi Bunuh Diri


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler