Cegah Kehamilan dengan Pil KB? Ini Risikonya

Rabu, 29 Maret 2017 – 11:11 WIB
Perempuan mengandung. Foto: thebreastcancer

jpnn.com - Ada beragam jenis kontrasepsi. Salah satunya dengan kontrasepsi hormonal seperti pil.

Di Indonesia, kontrasepsi itu lebih dikenal dengan istilah pil KB. Pengguna pil ini cukup banyak karena terbukti efektif.

BACA JUGA: Duh Gusti, Siapa Pembunuh Wanita Hamil Ini?

Ketika dikonsumsi dengan tepat, pil KB bisa mencegah kehamilan hingga lebih dari 99 persen. Namun, mengonsumsi pil KB bukannya tanpa risiko.

Laman Cheat Sheet mengabarkan, ada sejumlah risiko mengonsumsi pil KB. Apa saja itu?

BACA JUGA: Sulit Hamil? Mungkin ini Penyebabnya

1. Gumpalan darah
Pil KB mengandung drospirenone, bentuk sintetis dari progesteron yang sangat mungkin bisa meningkatkan risiko pembekuan darah. Gumpalan darah ini bisa terjadi di setiap arteri atau vena.

Meskipun drospirenone kadang-kadang bisa larut sendiri, tapi juga bisa mengancam kehidupan jika mereka menghentikan aliran darah ke paru-paru, otak atau jantung.

BACA JUGA: Istri Hamil 9 Bulan, Suami Nyolong, Diikat Tali Jemuran

2. Tumor hati jinak
Kontrasepsi oral telah dikaitkan dengan peningkatan risiko mengembangkan tumor hati jinak. Meskipun tumor jinak bukan kanker dan biasanya tidak menimbulkan banyak risiko bagi kesehatan, jenis yang berkaitan dengan pil KB bisa menyebabkan masalah serius bagi beberapa wanita.

American Liver Foundation mencatat, adenoma hepatoseluler adalah salah satu jenis tumor yang bisa terjadi dan menyebabkan perdarahan perut.

3. Depresi
Beberapa wanita bisa menghubungkan depresi yang mereka alami dengan penggunaan kontrol kelahiran. Segeralah menghubungi dokter jika merasa sedih, cemas, putus asa, kelelahan, kesulitan berkonsentrasi sesaat setelah mengonsumsi pil KB.

4. Penyakit kantong empedu
Beberapa tipe tertentu dari pil KB bisa meningkatkan risiko penyakit kandung empedu. Apa pun jenis pil KB yang dikonsumsi, akan selalu ada beberapa risiko.

5. Payudara dan kanker serviks
Studi telah mencoba untuk menemukan kaitan antara pil KB dan kanker selama bertahun-tahun. Penelitian terus melaporkan mengenai risiko kanker payudara dan kanker serviks yang meningkat bagi mereka yang mengambil pil KB.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Masih Berseragam Sekolah Sering Pulang Malam, Hamil


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler