Cegah Transaksi Palsu, GoPay Luncurkan Aplikasi untuk UMKM

Jumat, 26 Juli 2024 – 01:30 WIB
GoPay meluncurkan aplikasi untuk UMKM agar bisa mencairkan uang kapan saja dan mencegah transaksi palsu. Foto: Dok. GoPay

jpnn.com, JAKARTA - GoTo Financial, unit bisnis financial technology GoTo, meluncurkan inovasi karya terbaru yakni aplikasi GoPay Merchant.

Adapun GoPay Merchant dihadirkan untuk memberikan layanan keuangan yang aman dan mudah bagi pelaku usaha, khususnya UMKM.

BACA JUGA: Kisah Sukses UMKM Kue Macaron di Bandung, Omzetnya Meroket Berkat Program BRIncubator

Berdasarkan data dari Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), per Maret 2024, jumlah merchant yang sudah menggunakan QRIS sebanyak 31,6 juta. Pertumbuhan meningkat 24,6 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Walau begitu, adopsi pembayaran digital di kalangan UMKM ternyata masih menghadapi sejumlah tantangan.

BACA JUGA: BSI Perkuat Pemberdayaan Pelaku Usaha di Indonesia Timur Lewat UMKM Center Makassar

Kendala tersebut di antaranya, proses pendaftaran yang sulit, pencairan uang yang memerlukan waktu, hingga kekhawatiran uang yang diterima tidak sesuai nominal penjualan.

Haryanto Tanjo, Group Head of Merchant Services GoTo Financial mengungkapkan bahwa Peluncuran aplikasi GoPay Merchant hadir dengan misi membantu UMKM mengelola keuangan usaha secara digital.

BACA JUGA: Hari Kebaya Nasional 2024, Kowani Hadirkan Expo UMKM

"Lewat aplikasi ini, kami menjawab tantangan pelaku UMKM sehingga mereka bisa dengan mudah dan cepat mendaftar QRIS untuk menerima pembayaran digital, bisa mencairkan uang mereka kapan saja, dan mencegah transaksi palsu," kata Haryanto Tanjo dalam keterangan resmi, Kamis (25/7).

Haryanto Tanjo menjelaskan, aplikasi GoPay Merchant tersebut memiliki beragam keunggulan.

Pertama, proses pendaftaran QRIS yang simpel dan cepat lewat aplikasi GoPay Merchant. QRIS bisa langsung jadi dalam 30 detik setelah pendaftaran lengkap dan langsung dipakai untuk menerima pembayaran. Proses pendaftaran QRIS itu merupakan yang tercepat di Indonesia.

Kedua, pemilik usaha bebas mencairkan uang hasil penjualan kapan saja setiap harinya, termasuk pengaturan secara otomatis saat jam operasional toko tutup.

Fitur pengaturan pencairan fleksibel itu merupakan yang pertama di Indonesia, memberikan solusi tepat bagi UMKM dengan perputaran uang yang cepat untuk menjaga kelangsungan usaha.

Selain bisa mencairkan uang kapan saja, merchant juga dapat menjadwalkan pencairan hasil jualan pada akhir jam operasional toko setiap hari.

Keunggulan ketiga, merchant bisa berlangganan perangkat GoPay Spiker secara eksklusif melalui aplikasi ini.

Haryanto Tanjo menyebut GoPay Spiker mengeluarkan notifikasi berupa suara untuk tiap nominal transaksi QRIS yang dilakukan pelanggan.

Inovasi tersebut merupakan yang pertama di Indonesia dan menawarkan tiga manfaat.

"Pertama, menghindari potensi terjadi transaksi palsu; kedua, menghilangkan kekhawatiran adanya transaksi yang tidak sesuai nominal atau tidak langsung masuk ke rekening; dan ketiga, membantu merchant dapat melayani pembeli dengan lebih cepat karena tidak perlu bolak-balik memeriksa aplikasi untuk verifikasi transaksi,” bebernya.

Pelaku UMKM dapat mengunduh aplikasi GoPay Merchant di Android dan iOS untuk mendapatkan beragam layanan finansial yang dapat membantu menjalankan operasional usaha. (ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
GoPay   UMKM   GoTo   GoTo Financial  

Terpopuler