Cekatan di Lokasi Bencana, Pertamina Memang Jempolan

Minggu, 07 Oktober 2018 – 21:18 WIB
Petugas SPBU saat melayani konsumen. Foto ilustrasi: dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat ekonomi Retno Ekaputri memuji kesigapan Pertamina memasok bahan bakan minyak (BBM) dan menjaga stok untuk daerah bencana di Sulawesi Tengah. Akademisi di Universitas Bengkulu itu menuturkan, ketersediaan BBM sangat penting bagi aktivitas warga, terutama dalam memulihkan roda perekonomian.

“BBM penting untuk memulihkan perekonomian. Sifatnya tidak langsung, tetapi sebagai pendorong agar transportasi bisa berjalan dengan baik,” ujar Retno, Minggu (7/10).

BACA JUGA: SPBU Pertamina Beroperasi 24 jam

Menurutnya, BBM sangat penting untuk menggerakkan alat-alat transportasi. “Dan transportasi adalah bagian utama dalam proses ekonomi,” tuturnya. Baca juga: Respons Pertamina Sangat Membantu Evakuasi Korban Bencana

Oleh karena itu Retno memuji gerak cepat Pertamina yang segera memasok BBM ke wilayah bencana di Sulteng. Bukan hanya mengirim BBM, BUMN pelat merah itu juga menyediakan SPUB portabel.

BACA JUGA: Pushidrosal Kirim Kapal Survei di Perairan Palu Pascagempa

Demi memudahkan warga mengakses BBM, Pertamina juga mengemasnya dalam ukuran 5 liter, 10 liter dan 20 liter. Bahkan, perusahaan pelatmerah itu juga mengerahkan mobil tangki berdispenser.

“Bagus sekali. Semua upaya itu sangat mendukung proses kecepatan penyediaan BBM bagi masyarakat,” kata dia.

BACA JUGA: Pray for Sulteng, 1.649 Korban Meninggal Dunia

Kerja cepat Pertamina dirasakan warga di Palu. Seorang awarga bernama Muzakir mengatakan, pasokan BBM saat ini jauh lebih cukup dibandingkan beberapa hari pascabencana.

Sebelumnya antrean pembeli BBM sempat mengular di sejumlah SPBU di Palu. Namun, kini pengantre sudah bisa dihitung dengan jari.

"Saya butuh bensin untuk kendaraan ke sana kemari. Saya berterima kasih Pertamina sudah membantu memulihkan kegiatan warga," ujarnya.(jpg/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pertamina Siagakan 5 Terminal Bahan Bakar Minyak dan 2 DPPU


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler