Cemburu Istri Didekati, Ustadz Bunuh Santri

Jumat, 01 Maret 2013 – 07:53 WIB
MEULABOH--Gara-gara cemburu buta, seorang ustadz pesantren jadi kalap. Ia nekat membantai santrinya hingga tewas, Kamis (28/2) dinihari pukul 02.00 wib. Korban luka parah setelah leher dan perutnya ditikam pelaku pakai rencong. Motif ini dikarenakan sang guru tak rela melihat istrinya akrab dengan si murid.

Kejadian ini sontak membuat geger pondok pesantren di Baitul Makmur, Desa Sibeutong, Bubon, Aceh Barat. Pasca insiden naas tersebut, tersangka berhasil diamankan dan diserahkan ke polisi.

Menurut keterangan dihimpun Metro Aceh (Grup JPNN), tersangka yakni Jalaluddin (34) asal Pidie. Ia tercatat sebagai ustadz alias guru mengaji di pesantren Baitul Makmur. Sedangkan korbannya adalah Ridwan (25), penduduk Aceh Utara.

Kemarahan Jalaludin memuncak, tatkala sering menerima laporan dan menyaksikan kedekatan Ridwan dengan istrinya, Dewi Rahma. Apalagi keakraban itu karena Dewi juga termasuk santri di pesantren tersebut. 

Hingga Kamis dinihari, Jalal menyusun rencana jahat. Ketika Ridwan sedang berada di kantin pesantren, langsung didatangi dari arah belakang. Berbekal sebilah rencong, leher dan perut korban segera diserang hingga mengalami luka cukup parah. Puas menghabisi santrinya, tersangka buru-buru kabur dari TKP.

Sementara korban berteriak minta tolong, membuat geger penghuni pondok termasuk penjaga warung. Mereka berupaya melakukan pertolongan, tapi sayang Ridwan keburu dijemput maut. Nyawanya melayang pada malam itu juga.

Usai kejadian, pelaku sempat melarikan diri ke arah Pidie. Ia menaiki sepeda motor milik Mahdi (temannya-red), namun apes karena ban kereta bocor. Tak bisa melanjutkan perjalanan, sepmor lantas ditinggal di kawasan Masjid Aleu Kuyun, Kecamatan Woyla Timur, Aceh Barat. Jalal pun menyetop mobil pick up mengangkut beras, guna membantu pelarian.

Petugas yang sudah menerima laporan sebelumnya melakukan razia. Alhasil kenderaan yang ditumpangi tersangka, terjaring operasi di depan Polsek Sungai Emas. Jalal lantas ditangkap tanpa perlawanan dan digelandang ke Mapolres Aceh Barat. Sedangkan temannya diciduk dari areal Masjid Desa Alue Kuyun, saat sedang tertidur lelap.

"Tersangka berikut barang bukti sebilah rencong sudah kita amankan. Ini diduga pembunuhan berencana dan apabilan benar maka pelaku terancam hukuman mati. Setelah kejadian kemarin, mayat korban sudah dipulangkan ke rumah duka di Aceh Utara," jelas KBO Reskrim Polres Aceh Barat Ipda Chairil Anshar.(Deny)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Penjual Bayi Dituntut Dua Tahun Penjara

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler