CEO Porsche Berhenti, Merger dengan VW Kian Dekat

Kamis, 23 Juli 2009 – 17:03 WIB
KEPUTUSAN - Porsche kini dinyatakan bersiap untuk menuntaskan keputusan mergernya dengan Volkswagen, terutama dengan munculnya berita pengunduran diri CEO mereka. Foto: Getty Images.
MUNICH - Kamis (23/7), Porsche secara resmi mengumumkan bahwa CEO mereka, Dr Wendelin Wiedeking, telah mengundurkan diriDisampaikan pula lewat press release-nya, Matthias Macht, yang selama ini menjabat kepala produksi di perusahaan otomotif itu, akan menduduki jabatan yang ditinggal tersebut.

Peristiwa ini, oleh sebagian orang dipandang sebagai langkah yang akan memuluskan jalan bagi pengambilalihan Porsche oleh Volkswagen (VW)

BACA JUGA: Gairahkan Pasar, Toyota Luncurkan Lima Produk Baru

Disebutkan juga, seperti diberitakan situs CNN, turut mengundurkan diri pada saat bersamaan Kepala Keuangan Porsche, Holger Haerter.

"Dalam beberapa pekan terakhir, Wiedeking dan Haerter telah memikirkan dan berkesimpulan, bahwa pengembangan strategis Porsche ke depan ..
akan lebih baik tanpa ada mereka di dalamnya," demikian antara lain isi pernyataan dari perusahaan itu.

"Mereka berdua memandang langkah ini sebagai sumbangan yang signifikan bagi situasi saat ini, serta demi mendukung pembentukan sebuah perusahaan mobil yang terintegrasi," papar keterangan itu pula.

Langkah ini bisa jadi bakal memastikan proses yang selama ini putus-sambung dalam rangka merger kedua perusahaan otomotif besar asal Jerman tersebut

BACA JUGA: Ancaman El Nino, Depdag Awasi Komoditas Beras

Sehubungan dengan itu, Kamis ini juga diharapkan ada pertemuan antara dewan eksekutif kedua perusahaan.

Porsche sendiri sebenarnya telah lama berniat mengakuisisi VW, namun belakangan malah terbelit masalah keuangan, terutama lantaran pasar industri otomotif yang mengalami penurunan di periode krisis terakhir
Sementara itu, pekan-pekan terakhir, sempat ada tawaran miliaran dolar dari Institusi Investasi Qatar untuk sejumlah besar saham di perusahaan itu

BACA JUGA: Laba Boeing Meningkat

(ito/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cina Dominasi Impor Semester I 2009


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler