Cerita Anne-Marie Sukses Berat Berkat Lagu Curhat

Senin, 15 Oktober 2018 – 21:26 WIB
Anne Marie. Foto: Jawa Pos

jpnn.com - Nama penyanyi dan penulis lagu asal Inggris ini semakin populer beberapa tahun terakhir. Lagu-lagu hitnya seperti Rockabye (kolaborasi dengan Clean Bandit & Sean Paul), Friends (kolaborasi dengan Marshmello), dan 2002 jadi lagu wajib yang ada di playlist.

Di Indonesia pun, Anne-Marie Rose Nicholson punya banyak fans. Tak heran, dia disambut meriah saat tampil di panggung Spotify on Stage pada Jumat malam (12/10) di JIXPO. Jawa Pos berkesempatan mewawancarai cewek 27 tahun itu di Hotel Grand Mercure. (len/c11/jan)

BACA JUGA: Dituduh Terima Uang Damai, Nikita Ingatkan Sam Aliano

Apa yang membuatmu tertarik dengan seni musik dan tarik suara?

Aku menyanyi hampir sepanjang hidupku. Setiap hari dan setiap malam, bahkan di dalam kamar. Orang tuaku juga suka bermain musik. Mereka mengizinkanku masuk ke sekolah seni pertunjukan yang sangat suportif untuk bakatku. Kalau sudah begitu, bagaimana aku tak jatuh cinta kepada seni? (lalu tersenyum)

BACA JUGA: Ahmad Dhani Pusing Dengar Penjelasan Saksi Ahli Pidana

Dari kecil, kamu memang sudah ingin menjadi popstar, ya?

Yes. That is one of my biggest dreams. Impian itu semakin besar saat aku bersekolah dan belajar seni pertunjukan secara utuh. Mulai menyanyi, belajar musik, menari, sampai akting. Pokoknya, aku berpikir, "Aku harus jadi popstar." Dan sekarang... tadaa... di sinilah aku untuk menghibur kalian.

BACA JUGA: Ahmad Dhani Komen di Instagram Mulan Jameela, Netizen Heboh

Kamu baru saja merilis album Speak Your Mind. Bagaimana kamu mendefinisikan album itu?

Aku menyebutnya sebagai storytelling pop music. Lewat lagu-lagu di album itu, aku ingin menyampaikan banyak hal yang menurutku penting dengan berani.

Kamu punya banyak lagu yang jadi superhit. Apa sih rahasia suksesnya?

Lagu-lagu yang aku tulis adalah curahan hati (curhat). Kapan pun aku merasa mengalami momen inspiratif atau penting, aku menuangkannya dalam lirik. Kebanyakan sih tentang bagaimana aku melalui masa-masa sulit dan bangkit lagi.

Bisa berikan satu contoh lagu yang menggambarkan hal itu?

Laguku yang berjudul Then. Lagu itu aku buat untuk menceritakan bagaimana seorang Anne-Marie yang emosional melewati masa yang menyakitkan. Ketika menulis liriknya, aku membayangkan segala sesuatu yang bikin aku sedih. Kurasa, hal itulah yang membuat lagu tersebut jadi lebih emosional dan dalam.

Lagu Rockabye sukses membuat kamu lebih terkenal, termasuk di Indonesia. Apa yang kamu sukai dari lagu itu?

Itu salah satu lagu favoritku! Selain musiknya yang asyik untuk bergoyang, pesannya juga cukup bagus. Tentang perjuangan dan kasih sayang seorang single parent yang patut diteladani. Aku kagum banget sama mereka.

Adakah lagu yang saat membawakannya, kamu merasa benar-benar tersentuh?

Lagu Perfect. Lagu itu simpel, tapi punya makna yang dalam. Aku mau meyakinkan pendengar, juga diriku, bahwa tidak apa-apa menjadi unik. Menjadi sempurna tidak berarti kita harus menanggalkan diri kita yang sebenarnya. Aku mau mengajak pendengar untuk lebih jujur pada diri sendiri.

Siapa penyanyi atau musisi yang memengaruhi lagu dan cara menyanyimu?

Aku tumbuh besar dengan mendengarkan lagu-lagu Christina Aguilera, Alicia Keys, dan Alanis Morissette. Lagu-lagu mereka bercerita tentang cara menjadi kuat, terlebih untuk para perempuan. Karena itu, aku sangat suka membuat lagu tentang bagaimana menjadi sosok yang lebih kuat.

Apa sih yang berkesan buatmu saat hadir di depan fans asing?

Aku selalu berusaha nyambung dengan fans di setiap negara. Caranya, belajar sedikit tentang bahasa lokal, setidaknya satu kalimat, untuk menyapa mereka. Menurutku, sangat tidak etis kalau aku full menggunakan bahasa Inggris saat berinteraksi dengan mereka.

Apa sih keinginanmu yang terbesar, selain semakin berkembang di dunia musik?

Simpel kok. Aku ingin menjadi orang yang tampil sederhana di hadapan pendengar musikku. Aku tidak ingin dipandang sebagai idola. Aku ingin dianggap sebagai orang biasa saja oleh mereka (tersenyum). (*)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Suami Ingin Tambah Delapan Anak, Kartika Putri: Saya Rida


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler