Cerita Igor Saykoji Soal Pentingnya Menanam Pohon

Rabu, 03 Juli 2019 – 05:56 WIB
Para artis dan selebgram ikut hijaukan kawasan Candi Prambanan. Foto : Ist

jpnn.com, YOGYAKARTA - Penyanyi rap Igor Saykoji mengatakan bahwa menanam pohon merupakan kegiatan yang menyenangkan. Dia pun antusias saat ikut serta dalam kegiatan bertajuk Siap Sadar Lingkungan (darling) yang dilakukan di kawasan Candi Prambanan, Yogyakarta.

Bersama ratusan mahasiswa dari berbagai universitas di Yogyakarta, Igor Saykoji ikut dalam kegiatan yang diinisiasi Bakti Lingkungan Djarum Foundation.

BACA JUGA: Hijaukan Kawasan Candi Prambanan dengan Ratusan Pohon

“Pemanasan global jadi masalah yang sangat serius, kita harus bertindak dengan memulai dari hal-hal yang sederhana. Misalnya dengan membuang sampah pada tempatnya, memilah sampah sesuai jenisnya seperti sampah organik dan sampah plastik,” kata Igor Saykoji disela-sela penanaman pohon di Candi Prambanan, Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Hijaukan Kawasan Candi Prambanan dengan Ratusan Pohon

BACA JUGA: Super Junior Bikin Kehebohan di Candi Prambanan

Igor juga mengingatkan bahwa Indonesia menduduki peringkat nomor dua di Asia sebagai negara penghasil sampah terbanyak.

“Mayoritas sampah saat ini berjenis plastik yang sangat sulit diurai oleh bumi. Inilah yang membuat saya tertarik memberikan edukasi soal dampak dan tata kelola dari penggunaan sampah plastik termasuk penghijauan demi kelestarian alam,” tukas Igor.

BACA JUGA: COP24 Sepakati Pasal Teknis Perjanjian Paris


Igor Saykoji saat ikut aksi Siap Darling di kawasan Candi Prambanan, beberapa waktu lalu.

Sebagai selebritas, pelantun Online itu ingin menginspirasi penggemarnya untuk melakukan hal-hal positif dalam melestarikan lingkungan.

“Ini akan memberi pengaruh yang baik. Kadang-kadang enggak selalu harus menjadi pusat perhatian untuk melakukan sesuatu yang kelihatan besar. Selama kita melakukan dengan sepenuh hati, itu juga jadi bagian solusi,” tutur Igor.

“Dengan lo ambil bagian dari kelestarian alam, menurut gue itu jauh lebih keren daripada cuma bilang senang dengan karya gue,” lanjut Igor mencoba mengingatkan penggemarnya.

BACA JUGA: Igor Saykoji Tak Mau Paksa Anak Jadi Artis Cilik

Dalam kegiatan Siap Darling, sebanyak 250 pohon dan 5.000 semak berbunga dari 25 varietas ditanam di area komplek Candi Prambanan, yaitu Candi Roro Jonggrang, Candi Bubrah, Candi Lumbung, dan Candi Sewu. Delapan di antaranya seperti maja, keben, pulai, tanjung, sawo kecik, bodhi, nagasari, dan kepel merupakan tanaman yang memiliki filosofi tinggi.


Igor Saykoji bersama mahasiswa di Yogyakarta dalam aksi Siap Darling. Foto: Istimewa

Menurut Vice Presiden Director Djarum Foundation FX Supanji, program Candi Darling ini merupakan langkah nyata dalam menggerakan generasi milenial, khususnya mahasiswa agar lebih peduli terhadap lingkungan.

Program ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa memiliki dan bangga dikarenakan mereka turut berperan serta menghijaukan situs-situs cagar budaya Indonesia serta menularkannya kebiasaan baik ini di masyarakat luas.

"Harapan jangka panjang adalah langkah ini akan menciptakan ekosistem lingkungan yang berkelanjutan," ungkap FX Supanji. (mg7/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Para Ahli Ingatkan Perubahan Iklim Akibat Pemanasan Global


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler