Cewek Pembunuh Jong-nam Ini Memang Agak-agak Gimana...

Sabtu, 25 Februari 2017 – 17:21 WIB
Doan Thi Huong. Foto: Facebook

jpnn.com - jpnn.com - Sosok Doan Thi Huong yang disangka terlibat dalam pembunuhan atas warga negara Korea Utara Kim Jong-nam menarik perhatian internasional.

Cewek asal Vietnam berusia 28 tahun itu disangka berkomplot dengan warga negara Indonesia (WNI) bernama Siti Aisyah untuk menyemportkan cairan kimia ke wajah Jong-nam yang yak lain kakak tiri pemimpin tertinggi Korut Kim Jong-un.

BACA JUGA: Dampingi Siti Aisyah Agar Tak Jadi Korban Konspirasi

Kisah hidup Doan pun jadi konsumsi media. Empat hari sebelum pembunuhan atas Jong-nam di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA), Senin (13/2), Doan mengunggah fotonya dengan kaus beruliskan ‘LOL’ ke media sosial.

BACA JUGA: Ini Cara Korsel Kabarkan Jong-nam Tewas ke Rakyat Korut

Tampilan akun Facebook milik Doan Thi Huong. Foto: SMH

Kaus itu pula yang terekam CCTV di KLIA saat Doan dan Siti menyemprotkan cairan beracun ke wajah Jong-un. Tapi, siapakah Doan?

BACA JUGA: Ngeri, Inilah Jenis Racun untuk Membunuh Kim Jong-nam

Polis Diraja Malaysia (PDM) menyebut Doan bekerja di tempat hiburan malam. Terlahir dari sebuah keluarga petani di wilayah utara Vietnam, Doan ternyata meninggalkan desanya sejak satu dekade silam.

Doan sudah merantau sejak usia 18 tahun. Sesekali saja dia pulang ke kampung halamannya di Desa Nghia Binh di Provinsi Nam Dinh.

Desanya terletak di Delta Sungai Merah di sebelah tenggara Hanoi. Namun, keluarga Doan juga tak tahu persis keberadaan cewek lajang itu selama ini.

Sebagian besar keluarganya bekerja sebagai petani padi di Nam Dinh. Ayah Doan yang bernama Doan Van Thanh pernah berperang dalam Perang Vietnam. Kakinya cacat akibat perang.

Van Thanh mengaku sudah dihubungi pihak berwenang Vietnam sejak putrinya ditangkap Polis Diraja Malaysia. “Mereka hanya bilang akan membantu Doan sebagai warga Vietnam, namun tidak bercerita padaku bahwa dia sebenarnya tersangka,” kata Van Thanh.

Doan Van Thanh yang juga ayah Doan Thi Huong di rumahnya, Desa Nghia Binh di Provinsi Nam Dinh, Vietnam. Foto: EPA

Selain itu, Van Thanh mengaku yak bisa mengontrol putrinya. Sepengetahuan keluarga, Doan bekerja di Hanoi.

“Sekalipun saya ayahnya, saya tak bisa mengendalikan hal-hal saat dia di luar sana,” ujar pria 63 tahun yang bekerja sebagai petugas keamanan di pasar setempat.

Keluarganya baru tahu lagi kabar Doan setelah kasus kematian Jong-nam. Selebihnya, keluarganya hanya mengandalkan informasi dari media.

Doan mengunggah foto terakhirnya pada 11 Februari ke akun Ruby Ruby di Facebook. "I want to sleep more but by your side (aku ingin tidur lagi tapi di sampingmu, red),” tulisnya menyertai foto yang diunggah dari wilayah Kampong Besut, Malaysia itu.

Doan memang bekerja di tempat hiburan. Tapi, Polis Diraja Malaysia tak menjelaskan lebih detail.

Tapi Doan di negaranya dikenal sebagai penyanyi berbakat. Dia pernah mengikuti ajang Vietnam Idol.

Ada seorang cewek yang mirip Doan ikut ajang Vietnam Idol pada 3 Juni 2016. Kontestan bernomor 67816 itu menggunakan nama Dinh Thi Khuyen.

Namun, dia mengaku dari Nam Dinh. Dalam paspor Doan juga tertulis berasal dari Nam Dinh.

Hanya saja dia terpental di putaran pertama. Sayangnya, penyelenggara Vietnam Idol menolak berkomentar soal itu.

Sementara informasi lain menyebut Doan pernah berkunjung ke Korea Selatan. Pejabat kepolisian Korea Selatan mengungkapkan, Doan pernah berkunjung ke Jeju Island pada November silam selama empat hari.

Hanya saja, kepolisian di Negeri Gingseng itu tak menjelaskan tujuan Doan selama di Jeju. Tapi dari teman-teman akun Ruby Ruby di Facebook, diketahui bahwa Doan memiliki 65 teman.

Di antara itu ada 56 teman pria. Sedangkan 27 temannya bernama Korea.

Doan juga pernah mengunggah status di Facebook dalam Bahasa Korea. Sebagian besar foto-fotonya di Facebook memperlihatkan kehadirannya dalam pesta-pesta, termasuk foto-foto di kamar hotel. Beberapa di antaranya menunjukkan Doan berpose dengan mengecupkan bibir ke arah kamera.

Anehnya, dalam profil Doan di Facebook ditulis berpendidikan di Harvard. Keluarganya pun tak yakin Doan berkuliah di universitas ternama di Amerika Serikat itu.

Sedangkan pada 3 Januari, Doan mengunggah foto boarding pass pesawat rute Hanoi-Kuala Lumpur. Menurut keluarga, Doan terakhir berada di kampungnya pada 25-29 Januari.

Doan juga muncul di YouTube. Pada April 2016 video di YouTube yang menunjukkan seorang warga Vietnam mendapat ciuman dari seorang cewek di jalan.

Cewek itu mirip banget dengan Doan. Dalam video itu terlihat si cewek cekikikan sebelum mencium seorang pria di bangku taman.(reuters/ara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kok Malah Korsel yang Umumkan Kematian Jong-nam?


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler