Checa Makin Kukuh di Puncak

Selasa, 02 Agustus 2011 – 07:53 WIB
Carlos Checa. Foto: AFP PHOTO/ GLYN KIRK

SILVERSTONE-  Mantan bintang MotoGP Carlos Checa masih belum berhenti menorehkan prestasi di dunia balap sepedaSelepas mengundurkan diri dari MotoGP pada 2007, kini dia menguak peluang menjadi juara di World Superbike (WSBK)

BACA JUGA: Kompetisi Tak Jelas, Pemain Bebas Pilih Klub



Peluang itu makin besar seiring kemenangan dalam dua balapan yang berlangsung di Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (31/7)
Pembalap Althea Racing Ducati, Carlos Checa, memenangi kejuaraan World Superbike (WSBK) seri kesembilan

BACA JUGA: Klub LPI Tak Ikut Workshop

Seperti dilaporkan wartawan Jawa Pos dari Silverstone, Agus Muttaqin, pembalap Italia berusia 39 tahun itu menempati posisi pertama pada dua race yang berlangsung pukul 12.00 dan 15.30 waktu setempat.

Bagi Checa dua kemenangan di Silverstone melengkapi sepuluh kemenangan yang sudah diraihnya musim ini
Dia pun makin kukuh di puncak klasemen

BACA JUGA: Tambah Lawan Australia

Dengan kemenangan itu pula, Checa memimpin klasemen sementara dengan 343 poin, disusul dua pembalap Italia lainnya yang juga pernah menikmati MotoGP, Max Biaggi (281) dan Marco Melandri (272).

Pada race pertama, Checa sukses mengungguli dua pembalap Yamaha WSBK Team Eugene Laverty dan Marco MelandriSementara, pembalap andalan tuan rumah Leon Haslam (BMW Motorrad Motorsport) hanya mampu menempati finish keempat, di depan John Hopkins (Samsung Crescent Racing).

Race yang berlangsung dua hari ini tidak menjadi keberuntungan bagi Castrol Honda WSBK TeamDua pembalapnya gagal menempati tempat terhormatBahkan, pada race pertama, pembalap cadangan Castrol Honda, Alex Lowes, yang menggantikan Jonathan Rae, gagal menyelesaikan lombaRea sendiri tidak ikut balapan karena masih mengalami cedera karena terjatuh di Misano, Italia, beberapa waktu lalu.

Sedang pembalap cadangan kedua, Fabrizio Lai, yang menggantikan Ruben Xaus, juga gagal menyelesaikan lomba ketika baru berlangsung 6 lapsSeluruh pembalap seharusnya menyelesaikan total 18 laps.

Sementara itu, Checa kembali memperlihatkan kehebatannya pada race keduaSejumlah pembalap harus mengakui keunggulan pembalap yang kemarin menunggangi Ducati 1098 R tersebutSedang pada urutan kedua adalah Mark Biaggi (Aprilia Alitalia Racing Team).

Nasib sial kembali terulang bagi Castrol HondaSatu dari dua pembalapnya kembali gagal merampungkan balapanLowes terjatuh di laps ke-11Sedang Lai yang mengendarai CBR 1000RR Fireblade berhasil menentuh garis finish meski berada pada urutan buncit.

Ronald Ten Kate, manager Castrol Honda, mengakui, performa dua pembalap cadangannya masih di bawah rata-rata peserta lainnya, sehingga memaklumi jika gagal memenangkan balapan kali ini"Kami sudah menyiapkan (balapan) dengan baikHasil seri kali ini akan kami evaluasi untuk persiapan berikutnya," kata Ronald.

Suasana di sirkuit amat mendukung para pembalapSebab, tidak seperti biasanya, selama babak kualifikasi dan final, cuaca di Silverstone cerahPada sesi ke-2, sempat mendung sebentar, namun sinar matahari tetap bersinar terangRatusan ribu penonton pun memenuhi sejumlah tribun selama ajang balapan.

Pada balapan WSBK seri ke-9 kali ini, Castrol Honda kembali hadir setelah sekian tahun absen di ajang balapan sepeda motor yang diproduksi massal tersebut
Castrol Honda bukanlah tim baru di WSBK, meskipun dalam beberapa tahun terakhir absenPrestasinya, pernah menjadi juara dunia WSBK tiga kali yakni pada 1997 bersama pebalap John Kocinski serta 2002-2003 dengan pebalap Amerika Serikat, Colin Edwards.

Pada tahun ini, sebenarnya, Castrol Honda mengandalkan dua pembalapnya, yakni Rea dan Ruben XausKeduanya diharapkan bisa berbicara pada 13 seri balapan tersebut

Prestasi Rea sebenarnya tidak buruk-buruk amatSebelum jatuh di Misano, pada WSBK 2010, pembalap kelahiran Inggris itu menempati posisi keempatSedang pada ajang WSBK 2008 dan 2009, Rea masing-masing meraih posisi 2 dan limaKarir terbaik Rea adalah pada WSBK 2007 yang meraih posisi pertama dari keseluruhan seri pada tahun itu(agm/diq)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Persebaya 1927 Tolak Merger


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler