Chris John Tetap Juara di Amerika

Senin, 02 Maret 2009 – 06:10 WIB
Foto : Paul Wahyudin for JAWA PPOS
JAKARTA - Debut pertama Chris John di Amerika Serikat kurang berjalan mulusNamun, petinju berjuluk The Dragon itu masih bisa terseyum dan kembali ke tanah air dengan muka tegak

BACA JUGA: Hiddink Yakin Pole Position

Petinju kebanggaan Indonesia tersebut sukses mempertahankan sabuk juara kelas bulu (57,1 kg) versi WBA.

Dalam pertarungan yang berlangsung 12 ronde penuh di Toyota Center Houston, Texas, AS, Sabtu malam waktu setempat (28/2) atau Minggu pagi kemarin (1/3) WIB, Chris John harus puas dengan hasil seri saat meladeni petinju tuan rumah, Ricardo ''Rocky'' Juarez.

Tiga hakim juri memberikan nilai sama kepada kedua petinju, 114-114
Ketiga hakim yang seluruhnya dari Amerika itu adalah Tom Miller, Raul Diaz Senior, dan Levi Martinez

BACA JUGA: Klub Inggris Berpeluang Kuasai Perempat Final

Begitu pula wasit yang memimpin pertarungan itu, Laurence Cole, berasal dari AS.

Dengan hasil seri itu, Chris John masih berhak memperpanjang statusnya sebagai jawara kelas bulu dari badan tinju tertua di dunia tersebut
Sukses Chris John mempertahankan gelar mendapat sambutan cukup meriah masyarakat Indonesia yang menyaksikan langsung dari arena pertarungan tersebut

BACA JUGA: Protes Wasit, Abaikan Jabat Tangan

Sang saka Merah Putih pun sempat dibentangkan di atas ring tinju setelah pertandinganIni kali ke-11 Chris John berhasil mempertahankan gelarnya.

Hasil imbang itu tentu saja menimbulkan berbagai pertanyaanChris John tampil mendominasi sejak ronde pertamaBahkan, pada ronde kelima, Juarez lebih dulu mengalami luka robek di atas mata kiriMenjelang ronde terakhir, pertarungan berlangsung ketat dan keduanya sering bertukar pukulanHingga akhir pertandingan di ronde ke-12, pipi kanan Juarez pun ikut bengkakSedangkan bagi si Naga yang menggunakan celana putih, hanya darah mengalir dari luka di hidung.

Setelah pertandingan, Chris John tak mampu menyembunyikan kekecewaannyaSaat ditanyai presenter HBO, stasiun TV yang menyiarkan langsung pertandingan, Chris John hanya berkomentar singkat"Saya kira saya menang dengan mudahSaya mampu mendominasi pertarunganTapi, kalau memang hasil ini seri, what I can say (saya bisa bilang apa)," ujarnya.

Kekecewaan petinju kelahiran Banjarnegara, Jawa Tengah, 29 tahun lalu itu berlanjut saat konferensi persSaat itu Juarez mengenakan kacamata hitam untuk menutupi mukanya yang membengkakSebaliknya, Chris John terlihat bugar"Lihat wajah saya, semuanya baik-baik saja," kata Chris John lantas tersenyum"Lihatlah wajah lawan sayaAnda bisa menilai sendiri (siapa yang menang)," lanjutnya sambil melirik Juarez.

Pada kesempatan yang sama, Juarez mengakui bahwa lawannya, Chris John, tampil cerdik"Saya ingin merebut gelar juara di hadapan para pendukungSaya mampu merebut ronde-ronde akhir dan saya kira saya telah menangNamun, dia bertarung dengan cerdikSemua ini salah saya," ujarnya.

Dari sisi ring, petinju ternama yang juga promotor pertandingan, Oscar De La Hoya, tampak menunjukkan ekspresi kecewa dengan hasil seri ituPemilik perusahaan Golden Boy Promotion itu menjanjikan pertarungan ulang antara Chris John dan Rocky Juarez

Bukan hanya di Houston, para tokoh dan mantan petinju yang hadir dalam Nonton Bareng Chris John v Rocky Juarez, yang digelar Mall FX Senayan, Jakarta juga tidak puasMereka umumnya menganggap hasil tersebut kontroversial.

Mantan petinju nasional amatir kenamaan era 1980-an, Syamsul Anwar Harahap, menganggap keputusan hasil imbang yang diberikan ketiga hakim asal Amerika itu sebagai hal yang lumrahMasalahnya, pertarungan diselenggarakan di kampung halaman Rocky JuarezPetinju berdarah Meksiko itu memang lahir di Texas, 15 April 1980.

Sebelumnya, Rocky Juarez sudah empat kali bertarung memperebutkan gelar juara duniaNamun, hasilnya dia selalu kalah angkaMenurut Syamsul, sangat wajar kalau pertarungan melawan Chris John menjadi tumpuan terbesar bagi publik Houston untuk melihat petinju pujaannya menjadi juara dunia.

Secara objektif Syamsul menilai pertarungan tersebut seharusnya dimenangkan Chris JohnDalam catatan Syamsul, Rocky Juarez hanya mampu merebut kemenangan 4 ronde, yakni ronde 2, ronde 5, ronde 11, dan ronde 12''Selebihnya, Chris John unggul di 8 ronde,'' kata pria yang juga dikenal sebagai pengamat dan komentator tinju itu.

Hasil seri yang diberikan ketiga hakim juri asal Amerika Serikat, kata Syamsul, karena mereka sulit memberikan kemenangan kepada Chris John mengingat jumlah pendukung Rocky Juarez membeludak(ado/kim)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kartu Kuning Karena Nylonong


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler