Cile v Spanyol: Pertaruhan Sang Favorit

Jumat, 25 Juni 2010 – 07:41 WIB
PEMBUKTIAN - Sejumlah pemain Spanyol tampak dalam sesi latihan, yang mereka jalani di Potchefstroom, Afsel, Kamis (24/6). Foto: Jasper Juinen/Getty Images/FIFA.com.

PRETORIA - Datang sedang status favorit juara, Spanyol tersungkur pada laga pertama oleh SwissAkibatnya mereka dipaksa bekerja keras pada laga ketiga melawan Cile dini hari nanti di Loftus Versfeld, Pretoria (tayangan langsung RCTI pukul 01.30 WIB).

La Furia Roja (julukan Spanyol) saat ini mengemas tiga poin

BACA JUGA: Korut v Pantai Gading: Misi Satu Persen

Mereka punya koleksi angka yang sama dengan Swiss
Sedangkan, Cile memimpin grup H dengan enam poin

BACA JUGA: Balapan Ketat di Assen

Itu artinya, Spanyol harus menang agar merebut tiket ke babak 16 besar.

Sejatinya, imbang saja sudah bisa membuat mereka lolos, tapi di laga lainnya, Swiss harus kalah dari Honduras
"Bagi kami, sudah jelas, harus menang atas Cile," ujar Andres Iniesta, gelandang Spanyol, seperti dikutip AP.

Di saat Spanyol butuh menang, Cile hanya butuh seri supaya melaju ke babak berikutnya

BACA JUGA: Italia Tersingkir, Jepang Melaju

Sejatinya, bila kalah mereka juga punya peluang lolosAsalkan, Swiss gagal merebut kemenangan atas HondurasKondisi yang memancing mereka bermain pragmatis.

Marcelo Bielsa, pelatih Cile, memang seorang pelatih yang sangat mencintai sepak bola menyerangNamun, situasi yang mereka hadapi kali ini membuat mereka harus berpikir lebih kerasMereka menghadapi tim yang tak pernah mereka kalahkan.

Spanyol dan Cile telah bersua tujuh kaliHasilnya, hanya sekali tim jawara Euro 2008 itu seri, sisanya selalu menangBentrok terakhir terjadi pada 2008 lalu di laga uji cobaHasilnya, Spanyol menghajar Cile dengan tiga gol tanpa balas.

"Ini akan menjadi pertandingan yang berbedaMereka akan keluar menyerang dan kami akan berusaha tetap menerapkan permainan kamiSaat ini, seluruh perhatian kami tertuju pada lolos ke babak berikutnya," ungkap Mark Gonzalez, striker Cile.

Meski Cile mungkin saja tidak akan bermain menyerang seperti yang biasa mereka peragakan, tak membuat pelatih Spanyol Vicente Del Bosque gusar"Mereka bisa bermain dengan gaya berbedaMereka punya pemain yang bagus dan siap," papar Del Bosque.

Untuk menambah daya dobrak, Spanyol sepertinya akan memainkan David Villa dan Fernando Torres secara berbarenganHanya saja, Torres yang ditempatkan sebagai striker tunggal di lini depan dan Villa membantu dari sayap.

Selain itu, suntikan tenaga didapatkan Spanyol dengan pulihnya Andres IniestaSpanyol tidak ingin mengulangi kegagalan lolos ke babak 16 besar seperti yang meraka rasakan pada Piala Dunia 1998Saat itu, kebetulan Cile lolos ke babak 16 besar(ham)

Perkiraan Pemain

Cile (4-3-3): 1-Bravo (g); 4-Isla, 3-Ponce, 18-Jara, 17-Medel; 20-Millar, 10-Valdiviaa, 8-Vidal; 7-Sanchez, 22-Paredes, 15-Beausejour
Pelatih: Marcelo Bielsa

Spanyol (4-5-1): 1-Casillas (g); 15-Ramos, 3-Pique, 5-Puyol, 17-Arbeloa; 6-Iniesta, 14-Alonso, 8-Xavi, 16-Busquets, 7-Villa; 9-Torres
Pelatih: Vicente Del Bosque

Wasit: Marco Rodriguez (Meksiko)
Stadion: Loftus Versfeld, Pretoria

Siapa Lolos?

Cile, jika:
- Menang atau imbang dengan Spanyol
- Kalah, tapi Swiss gagal menaklukkan Honduras

Spanyol, jika:
- Menang atas Cile
- Imbang, tapi Swiss kalah dari Honduras

Swiss, jika:
- Menang dengan selisih lebih dari dua gol atas Honduras
- Imbang, tapi Spanyol kalah dari Cile

Honduras, jika:
- Menang atas Swiss dengan selisih gol tiga atau lebih, dan Spanyol kalah dari Cile

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pastikan Satu Tempat di Semifinal


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler