Cipayung Plus Harapkan Pilkada yang Damai, Jujur dan Demokratis

Sabtu, 17 Agustus 2024 – 22:22 WIB
Ilustrasi Pilkada. Grafis: Sultan Amanda Syahidatullah

jpnn.com, JAKARTA - Kelompok mahasiswa Cipayung Plus mengajak seluruh pihak bersatu di momentum HUT ke-79 RI. Ini dilakukan agar bangsa mampu menghadapi tantangan global maupun nasional.

Mereka juga mendorong transisi kepemimpinan nasional salah satunya fokus dalam bidang pembangunan manusia, khususnya pendidikan.

BACA JUGA: Pilkada Jakarta, PDIP Belum Putuskan Usung Ahok atau Anies, Hasto Beri Penjelasan

"Momentum 79 tahun Indonesia merdeka harus dijadikan sebagai momentum pengkonsolidasian kekuatan politik nasional untuk menghadapi tantangan global dan nasional," kata perwakilan Cipayung Plus yang juga Ketua Umum Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Jefri Gultom, Sabtu (17/8).

Hal ini dinyatakan Cipayung Plus dalam "Refleksi Kebangsaan 79 Tahun Indonesia Merdeka: Refleksi 79 Tahun Indonesia Merdeka, Jalan Kaum Muda Menuju Indonesia Emas 2045" di Rumah Kebangsaan, Jalan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

BACA JUGA: Golkar DKI Tegaskan Dukung Pencalonan Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta

Cipayung Plus berkomitmen mewujudkan dan ikut terlibat aktif dalam menyukseskan pelaksanaan kepala daerah agar berlangsung damai, jujur dan demokratis.

"Mendorong transisi kepemimpinan nasional dan daerah ke depan untuk konsentrasi pada pembangunan manusia khususnya pendidikan, lapangan pekerjaan dan kesehatan sebagai fondasi utama menuju Indonesia Emas 2045," imbuhnya.

BACA JUGA: Bawaslu Jakarta Minta Warga Segera Lapor Apabila KTP Dicatut Untuk Pilkada

Cipayung Plus juga mendorong seluruh komponen dan eksponen bangsa untuk serius dalam mengatasi kerusakan lingkungan, transisi energi baru dan terbarukan.

"Lalu pelestarian pangan lokal sebagai solusi mengatasi krisis energi dan pangan," ungkap Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Bagas Kurniawan.

Cipayung Plus, kata Bagas, juga mendorong agar pemerintahan Prabowo-Gibran mengakomodir kalangan muda yang memiliki integritas dan profesionalitas dalam kabinet kerja secara maksimal.

"Mendukung pemerintah Indonesia untuk terlibat aktif dalam mengatasi ketegangan geopolitik global dan mendukung terus perjuangan rakyat Palestina," kata Ketua Umum DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Riyan Betra Delza.

"Mendesak pemerintah untuk menciptakan lapangan kerja baru dengan menggerakkan ekonomi kreatif lewat peran kaum muda," imbuhnya.

Turut hadir dan menyatakan Ketua Umum LMND Muh. Asrul, Ketua Umum PP Hikmabudhi Candra Aditya Nugraha, dan Ketua Umum PP KMHDI I Wayan Darmawan.

Lalu, Ketua Umum PP-Hima Persis Ilham Hidayatullah, Ketua Umum PP KAMMI Ahmad Jundi Khalifatullah, dan Ketua Umum DPP-GMNI Imanuel Cahyadi.


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler