Golkar DKI Tegaskan Dukung Pencalonan Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta

Sabtu, 17 Agustus 2024 – 12:52 WIB
Ketua DPD Golkar DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar saat memberikan keterangan pers di Kantor DPD Golkar DKI, Jakarta, Sabtu (17/8/2024). ANTARA/Syaiful Hakim

jpnn.com - JAKARTA - Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar menyatakan bahwa kader partai itu mendukung penuh pencalonan Ridwan Kamil (RK) sebagai bakal calon gubernur (bacagub) di Pilkada Jakarta 2024. 

Dia menegaskan bahwa seluruh keputusan DPP Partai Golkar akan didukung. "Siapa pun calon yang ditunjuk oleh DPP menjadi bakal calon gubernur di Pilkada Jakarta, apalagi Ridwan Kamil salah satu pimpinan (waketum) dan kader Golkar," kata Zaki di Kantor DPD Golkar DKI Jakarta, Sabtu (17/8).

BACA JUGA: Pilkada Jakarta, Jusuf Hamka Berpeluang jadi Cawagub Pendamping Ridwan Kamil

Zaki yang sempat mendapatkan surat tugas dari DPP Golkar sebagai Bacagub Pilkada Jakarta mengaku menerima hasil keputusan DPP itu. 

"Ya (legawa). Kalau kader partai semuanya harus tunduk (dengan keputusan DPP)," ungkapnya.

BACA JUGA: Diana Dewi Kembali Pimpin Kadin DKI Jakarta

Zaki pun menilai Ridwan Kamil mumpuni untuk menjadi gubernur DKI Jakarta. Hal itu mengingat sebelumnya Ridwan Kamil juga pernah menjabat gubernur Jawa Barat untuk satu periode.

Zaki memastikan dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat Jakarta terhadap pencalonan Ridwan Kamil tersebut.

BACA JUGA: Hari Terakhir Menjabat Bupati Tangerang, Zaki Iskandar Masih Sumbang Prestasi 

"Saya instruksikan kepada seluruh kader di tingkat RT dan RW untuk segera bergerak dan menyosialisasikan Pak RK. Kita tunggu saja pasangannya nanti," kata dia.

Sebelumnya, Ridwan Kamil mengaku dirinya secara resmi telah mendapat lampu hijau dari Ketua Umum Partai Golkar (sebelumnya) Airlangga Hartato untuk maju menjadi calon gubernur Jakarta.

"Saya tadi diminta secara resmi untuk maju sebagai gubernur Daerah Khusus Jakarta (DKJ) dari Partai Golkar. Jadi, informal begitu," kata pria yang akrab disapa RK ini seusai bertemu dengan Airlangga di kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, Kamis (8/8).

RK menjelaskan pengumuman secara formal terkait dirinya maju sebagai calon gubernur Jakarta akan diumumkan setelah Koalisi Indonesia Maju (KIM) menemukan cawagub pendampingnya.

Belakangan, nama Suswono disebut-sebut akan mendampingi Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta.

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan bahwa bakal mengumumkan pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur, Ridwan Kamil (RK) dan Suswono yang diusung di Pilkada Jakarta, pada Senin (19/8).

"Secara resmi kami sepakat agar mengumumkan pada 19 Agustus, kemungkinan siang atau sore. Saksikan tanggal mainnya," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (14/8).

Sejauh ini, lanjut dia, partai-partai yang tergabung dalam KIM pun masih membahas teknis pengumuman itu digelar secara terpisah atau secara bersamaan.

Walaupun Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan telah mengumumkan pasangan Ridwan Kamil yakni Suswono, Dasco pun tak menampik hal tersebut.

Namun, dia menegaskan Gerindra baru akan secara resmi mengumumkan pasangan itu pada 19 Agustus. (antara/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler