Ciptakan Katagori Baru di Pasar Tablet Dunia

Jumat, 09 Maret 2012 – 08:45 WIB
Foto : Los Angeles Times

BISA dikatakan bahwa tak ada perusahaan seperti Apple Inc yang selalu menimbulkan kehebohan, menarik perhatian, bahkan kecaman saat melucurkan lini produk barunya. Tak terkecuali generasi terbaru dari tablet Apple, iPad baru.

Sebelum resmi diperkenalkan pada publik, banyak rumor liar yang tak terhitung dari seluruh belahan dunia akan produk pertama perusahaan setelah ditingggalkan co-foundernya, Steve Jobs. Muali dari variasi nama hingga teknologi baru.
   
Produk baru Apple memang selalu dinantikan karena diharapkan bisa berdampak besar terhadap dunia IT maupun kehidupan manusia itu sendiri. Dan akhirnya Tim Cook sebagai CEO Apple Inc memperkenalkan iPad baru pada masyarakat pada even yang di gelar di San Francisco, Amerika Serikat pada Rabu (7/3).   
   
"The new iPad merupakan level baru dan menciptakan katagori baru sejak Apple memperkenalkan iPad dua tahun lalu," ujar Cook seperti yang dikutip dari siaran press perusahaan.
   
Meski belum dijual di pasaran, para analis teknologi sudah memperkirakan kesuksesan produk baru Apple. Generasi ketiga iPad dianggap sukses menciptakan katagori produk tablet baru. Dikutip dari Boston Herald.com, diyakini bahwa iPad baru belum memiliki saingan.
   
"Apple berhasil menciptakan dua pasar. Yakni pasar High Definition (HD) Tablet dan pasar non HD," kata Vice President Yankee Group Carl Howe yang menghadiri pengenalan iPad baru di San Francisco. "Dan saat ini, pasar baru yang terbentuk baru di isi oleh iPad baru. Saya yakin model baru ini akan banyak diminati," ujarnya.
   
Produk yang baru akan beredar di toko resmi pada 16 Maret 2012, namun sudah bisa dipesan mulai sekarang memang lebih berat 51 - 55 gram dan lebih tebal 0,6 mm daripada model sebelumnya, iPad 2. Akan tetapi "kekurangan" di generasi terbaru iPad itu ditutupi oleh spesifikasi canggih yang menjadikannya gadget tablet HD yang mumpuni.
   
Jika sebelumnya pilihan koneksi hanya wi-fi dan 3G, sekarang dilengkapi dengan versi wifi plus 4G, yang sayangnya belum bisa digunakan di Indonesia. Dengan jaminan adanya 4G, plus prosesor A5X yang jauh lebih cepat daripada prosesor A5 di iPAd2, maka berselancar didunia maya makin cepat.  
   
iPad baru juga memiliki display retina 2048 x 1536 pixel yang membuat kualitas gambar yang ditampilkan lebih tajam dari HDTV. Kamera lima megapixels dibagian belakang juga ditingkatkan kulitasnya dengan adanya autofokus dan kemampuan rekam HD.
   
Apple juga "lupa" memasukan teknologi asisten personal digital Siri yang terdapat di iPhone 4S di iPad baru.  Mereka hanya menambhakan voice dictation fitur icrophone.
   
Selain itu, ada hal yang juga terlewatkan oleh Apple. Pemberian nama bagi generasi terbaru iPad. Setelah spekulasi berbagai nama mulai dari iPad 3 atau iPad HD, Tim Cook hanya menyebut model barunya the new iPad. Hal ini menimbulkan kebingunan dalam lini produk, karena iPad 2 yang harganya dipangkas menjadi hanya USD 399 per unitnya masih di jual dipasaran. Harga iPad baru mulai USD 499 untuk versi wi-fi dan USD 829 untuk versi 4G. (aan)
BACA ARTIKEL LAINNYA... XL Axiata Percepat Pelayanan untuk Investigasi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler