Ciptakan Komunikasi Anak dan Ibu Bersama Pino Es Serut Buah

Kamis, 02 Maret 2023 – 21:50 WIB
UNIFAM menciptakan Pino Es Serut Buah menjawab kebutuhan ngemil saat momen berkomunikasi ibu dan anak. Foto: Dok Pino

jpnn.com, JAKARTA - Komunikasi berdampak besar bagi kehidupan anak di masa mendatang.

Psikolog Anak dari Kalbu.co.id, Desti Apryanggun menyebut ada tiga cara yang dikenal dalam gaya komunikasi pada pengasuhan anak, yakni pasif, agresif, dan asertif.

BACA JUGA: Es Serut Musim Salju

Orangtua yang mengadopsi gaya pasif cenderung memberi kebebasan seluas-luasnya ke anak.

Praktis, orangtua lebih menuruti apa yang dimaui si anak karena sulit mengungkapkan yang diinginkan. Anak akan tumbuh menjadi pribadi yang sulit dikontrol dan sering melawan.

BACA JUGA: DPR Tegaskan Kesejahteraan Ibu dan Anak jadi Kunci Atasi Stunting

Sedangkan gaya agresif lebih condong memposisikan orangtua lebih dominan sehingga banyak memaksa dan menekan anak.

"Orang tua yang menerapkan gaya agresif secara tak sadar kerap melontarkan kalimat perintah yang memaksa dan intimidasi agar anak menurutinya," kata Desti dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (2/3).

BACA JUGA: Ketika Ibu & Anak Ditantang Masak Bersama Selama 45 Menit

Menurutnya, berhadapan dengan orang tua dengan gaya ini akan membuat anak jadi pendiam, frustrasi, dan ada pula yang berontak lalu menunjukkan sikap agresifnya di luar rumah.

Berbeda dengan gaya pasif maupun agresif, gaya asertif berada di tengah antara keduanya.

Gaya asertif lebih mengedepankan komunikasi terbuka antara orang tua dan anak, jadi di sini tidak ada yang saling mendominasi. Tapi, ibu harus lebih aktif untuk menggali informasi seputar kebutuhan, keinginan, dan harapan buah hati.

“Tidak hanya yang disampaikan anak, Ibu juga perlu sensitif melihat dan memahami pesan nonverbal yang diperlihatkan anak agar dapat lebih mengerti situasi yang dialaminya,” kata Desti.

Meski penting, tetapi tidak semua anak bisa terbuka dalam berkomunikasi dengan orang tua karena  kurangnya waktu kebersamaan.

Oleh karena itu, penting bagi ibu membangun komunikasi dengan anak.

Pada aktivitas ini akan memberikan banyak kesempatan bagi anak dan ibu untuk bercerita apa saja yang sudah terjadi.

Marketing Communication Manager UNIFAM Anastasia A. R. menyatakan untuk menjawab kebutuhan ngemil saat momen berkomunikasi itu, PT United Family Food (UNIFAM) menghadirkan Pino Es Serut Buah.

Salah santapan es serut buah bagi anak-anak juga Ibu yang memberikan pengalaman seru dan menyenangkan.

"Pino Es Serut Buah dilengkapi dengan kandungan vitamin B1, B3, B6, dan B12," kata Anastasia dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (2/3).

Dia mengatakan dengan ngemil bersama menjadi kesempatan baik untuk saling mengenal, berdiskusi, merencanakan sesuatu, bertukar pikiran atau sekadar menceritakan hal-hal yang lucu.

Suasana makan bersama dengan topik pembicaraan yang menyenangkan membuat anak nyaman bercerita apapun kepada orang tua.

"Ngemil Pino Es Serut Buah itu seru dan menyenangkan. Aktivitas cara santap Pino Es Serut Buah yang unik yaitu dengan diserut-serut menciptakan momen sendiri dan diharapkan mampu menjadi momen ice breaking untuk membuka komunikasi ibu dan anak.” jelas Anastasia.

Dia juga mengatakan bentuknya cup dilengkapi sendok serut dan disajikan pada ambient temperature ice, membuat Pino praktis.

Pino Es Serut Buah dapat ditemukan di supermarket terdekat dalam kondisi cair pada rak terpisah sehingga tidak memberikan kekhawatiran meleleh dan berubah bentuk  saat pembelian bagi para ibu.(mcr10/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler