Ciputra Group Hadirkan Konsep 10-Minute City di CitraRaya Tangerang

Kamis, 19 September 2024 – 17:43 WIB
Launching CitraRaya Tangerang – The 10-Minute City. Foto: Dok. Ciputra Group

jpnn.com, TANGERANG - Ciputra Group melalui anak usahanya PT Ciputra Residence meluncurkan konsep "10-Minute City" di CitraRaya Tangerang, sebuah proyek pengembangan Kota Terpadu terbesar dengan luas pengembangan mencapai 2.760 hektare.

Konsep 10-Minute City menawarkan kemudahan akses bagi penghuninya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari hanya dalam waktu 10 menit dengan berjalan kaki, bersepeda, atau menggunakan transportasi umum.

BACA JUGA: Ciputra Group Kembangkan Apartemen Baru di Jakarta Barat, Cuma Rp418 Juta

Konsep Kota 10 Menit dalam Sebuah Kota Terpadu Konsep "10-Minute City" diimplementasikan di berbagai kota metropolitan global untuk mengurangi emisi transportasi dan meningkatkan kesejahteraan serta keamanan masyarakat.

Filosofi ini memungkinkan masyarakat untuk beraktivitas dan menjangkau kebutuhan sehari-hari dalam jangka waktu yang singkat.

BACA JUGA: Infrastruktur Makin Oke, Ciputra Group Garap 3 Proyek Baru

Pemerintah Indonesia bahkan menerapkan prinsip 10-Minute City dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan memprioritaskan jalur pejalan kaki, transportasi ramah lingkungan, dan keterjangkauan fasilitas di dalamnya.

"10-Minute City adalah konsep yang kami usung di CitraRaya Tangerang, sejalan dengan tren global ini," ujar Managing Director Ciputra Group Budiarsa Sastrawinata dalam acara “Launching CitraRaya Tangerang – The 10-Minute City”.

BACA JUGA: Strategi Ciputra Group Genjot Kinerja Sektor Properti

Transformasi CitraRaya Tangerang Menuju Kota Terpadu yang semakin Modern dan Efisien Ciputra Group yang telah berkomitmen selama lebih dari empat dekade dalam menghadirkan hunian berkualitas, terintegrasi dengan infrastruktur dan fasilitas publik kini membawa CitraRaya Tangerang menuju transformasi baru dengan konsep "The Ten-Minute City".

"CitraRaya Tangerang menawarkan sebuah konsep unik di mana segala kebutuhan, seperti fasilitas kesehatan, pendidikan, rekreasi, olahraga, sarana ibadah, lifestyle, dan komersial, dapat diakses dengan berjalan kaki, bersepeda ataupun menggunakan transportasi umum dalam waktu 10 menit,” jelas Budiarsa.

Fasilitas utama yang dapat dijangkau dalam 10 menit di CitraRaya Tangerang, di antaranya meliputi fasilitas kesehatan, seperti Ciputra Hospital, Klinik Citra Sehat, Klinik Eco Medika.

Fasilitas pendidikan, di antaranya Universitas Esa Unggul, Sekolah Citra Berkat, Sekolah Tarakanita, Sekolah Citra Islami, STIE Putra Perdana Indonesia.

Fasilitas komersial dan perbelanjaan, di antaranya Mal Ciputra Tangerang, EcoPlaza, Hypermart, Citra Food Festival, Citra City Square dan City Market.

Fasilitas rekreasi, di antaranya World of Wonders Theme Park, Water World, dan Little Kyoto EcoPark.

Fasilitas olahraga, di antaranya CitraRaya Sports Club, EcoClub dan lainnya.

Sarana ibadah, di antaranya Masjid Al Ikhawan, Masjid At-Taqwa, Gereja Katholik St. Odilia, Gereja Bersama dan Masjid Ash Shomad

Untuk mendukung mobilitas, CitraRaya Tangerang menghadirkan Citra Connect, shuttle bus yang beroperasi setiap 10 menit dengan rute ke 25 halte yang tersebar di seluruh kawasan CitraRaya Tangerang.

Pengguna dapat dengan mudah membayar menggunakan contactless tapcard. Setiap halte dan bus disiapkan dengan CCTV untuk keamanan dan kenyamanan pengguna bus. Serta solar panel sebagai sumber energi alternatif dalam rangka mendukung konsep gaya hidup EcoCulture yang telah diterapkan di CitraRaya Tangerang sejak 2011.

Di setiap halte juga tersedia Beam Electric Scooter, skuter ramah lingkungan yang dapat diakses melalui pembayaran cashless. Ratusan skuter disediakan di setiap halte dan Beam Point di cluster-cluster residential, sehingga penghuni bisa menjelajahi seluruh kawasan dengan mudah dan nyaman.

Rute Citra Connect nantinya akan diperluas di tahap-tahap selanjutnya.

"Dengan transformasi ini, CitraRaya Tangerang memungkinkan setiap keluarga yang tinggal di dalamnya hidup dengan nyaman, beraktivitas, dan menikmati berbagai momen kebersamaan tanpa harus menempuh perjalanan panjang yang melelahkan," lanjut Budiarsa.

Sejak dikembangkan pada tahun 1994, CitraRaya Tangerang telah menjadi rumah bagi lebih dari 80.000 jiwa dan terus berkembang menjadi pusat ekonomi baru di wilayah Tangerang Barat dengan lebih dari 1.800 unit komersial dan berbagai infrastruktur serta fasilitas modern.

Transformasi menjadi sebuah 10-Minute City ini menjadikan CitraRaya Tangerang sebagai tempat tinggal yang ideal bagi keluarga yang mendambakan gaya hidup berkualitas dan efisien.

"Kami bertekad memberikan yang terbaik bagi seluruh penghuni CitraRaya Tangerang dan berkomitmen untuk terus mengembangkan infrastruktur dan fasilitas di masa mendatang guna mendukung penuh transformasi CitraRaya Tangerang The 10-Minute City," tutup Budiarsa. (rhs/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anies Masih Punya Peluang Maju di Pilkada Jakarta, 4 Partai Ini Bisa Berkoalisi


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler