Ciputra Kembangkan Citra Grand City Seluar 200 Hektar

Kamis, 09 Februari 2012 – 10:35 WIB
PALEMBANG - Sayap bisnis properti Ciputra Group terus meluas. Di Palembang tengah mengembangkan perumahan terintegrasi Citra Grand City seluas 200 hektare (ha). Proyek tahap pertama berlokasi di wilayah Talang Kelapa, Alang-Alang Lebar, Palembang itu telah tergarap 40 ha dengan 750 unit rumah.

Proyek yang digarap PT Citra Mitra Properti anak usaha PT Citra Development Tbk (CTRA) itu ternyata mendapat sambutan positif konsumen. Buktinya, saat peluncuran langsung diserbu para pembeli. Tahap pertama telah terjual sekitar 450-500 unit dari total rumah yang disediakan. "Responnya luar biasa. Dan, masih terdapat sekitar 150-200 unit yang kami tawarkan secara bertahap," tukas Eko Sudarusman, General Manager, PT Citra Mitra Properti, di Palembang, Rabu (8/2).

Rumah-rumah yang dijual pada proyek itu dibanderol mulai dari Rp 400 juta hingga Rp 3,5 miliar per unit. Adapun pasar yang dibidik dari proyek ini adalah masyarakat menengah-atas yang ada di Palembang maupun daerah sekitarnya. "Rata-rata pembeli ada pengusaha-pengusaha perkebunan kelapa sawit dan pejabat," imbuh Eko.

Klaster Orchard Park menjadi klaster perumahan eksklusif dan termewah pada proyek tersebut. Rumah yang disediakan sebanyak 100 unit itu dijual banderol Rp 1-3,5 miliar per unit. Dan, hingga saat ini rumah mewah dua lantai itu telah terjual sekitar 70 persen.
Klaster ini diperkirakan menyumbang penjualan terbesar pada tahun ini sekitar Rp 50 miliar. Adapun total marketing sales proyek ditarget sebesar Rp 150 miliar dari penjualan rumah, beberapa kios dan ruko di areal komersial The Terrace dan Rodeo Drive. Area komersial ini ditargetkan beroperasi pada 2013.

Manajemen optimistis penjualan proyek itu bakal tercapai menyusul konsep pengembangan dilakukan secara terintegrasi. Bukti otentiknya adalah penjualan yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2008 nilai penjualan sebesar Rp 102 miliar disumbang 90 dari 100 unit rumah dan beberapa ruko yang ditawarkan saat pre-launching. Harga saat itu berkisar Rp 400-1,5 miliar.

Pada 2009 nilai penjualan bertumbuh jadi sekitar Rp 112 miliar, 2010 naik menjadi Rp 128,1 miliar, dan 2011 meningkat Rp 128,9 miliar. "Kami percaya seiring dengan penggarapan perumahan elit Orchard Park," tukas Eko.

Sementara Jafarudin, Manager Assistant Planning & Design Department Citra Garden City Palembang menambahkan tingginya minat masyarakat menyulut perusahaan untuk terus berkreasi. Direncanakan manajemen bakal mengembangkan tahap kedua proyek Citra Grand City Palembang pada depan. Luas area yang akan dikembangkan mencapai 140 ha. "Tentu ini menjadi tantangan bagi kami," jelas Jafarudin.

Pengembangan tahap kedua proyek ini akan terdapat Rumah Sakit Ciputra, sekolah, dan beberapa klaster perumahan kelas menengah hingga atas. "Waterpark sudah tersedia. Pokoknya nanti tersedia seluruhnya," imbuhnya.

Pengembangan tahap kedua ini diperkirakan dapat berlangsung hingga 15 tahun ke depan. Langkah ini juga akan tetap mengintegrasikan dengan tahap pertama yang memiliki konsep properti hijau.

Proyek Citra Garden City Palembang merupakan proyek yang dikembangkan oleh PT Citra Permai Properti, anak perusahaan PT Ciputra Development Tbk, bekerja sama dengan pemilik lahan, PT Cipta Asrigriya. (far)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Tak Sesuai UU 28, Perda Pajak Retribusi Dilarang Diterapkan

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler