Citra Partai Demokrat Sulit Diperbaiki

Setelah Andi, Anas Menanti

Jumat, 07 Desember 2012 – 16:19 WIB
JAKARTA—Keputusan Andi Malarangeng, mundur dari jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Jumat (7/12), setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), disambut positif beberapa kalangan.

Namun pengamat politik Prof. Maswadi Rauf, menilai mundurnya Sekretaris Dewan Pembina Partai Demokrat (PD) ini, tidak lantas memperbaiki citra partai pemenang Pemilu 2009 tersebut.

“Meski sikap mundurnya perlu diapresiasi, namun citra PD sudah sulit diperbaiki. Bukan hanya Andi, tapi banyak kader partai yang juga terlibat kasus yang sama,” kata Maswadi.

Guru besar ilmu politik dari Universitas Indonesia ini mengatakan, penilaian politik masyarakat mudah ditebak. Jika ada kader partai yang terlibat kasus korupsi, maka penilaian terhadap partai juga ikut terpengaruhi. Masyarakat cenderung tidak lagi percaya. “Dukungan mereka akan beralih pada partai bersih dan tidak terkait kasus hukum apapun,” katanya.

Ditambahkan Maswadi, status baru Andi dalam belitan kasus Hamblang, menjadi pukulan telak bagi PD menjelang Pemilu 2014. Dengan kejadian ini, partai lain sangat diuntungkan. “Tugas berat bagi PD mengembalikan kepercayaan publik terhadap partai,” ujarnya. (afz/jpnn)
 
BACA ARTIKEL LAINNYA... Ray Rangkuti Berharap Andi tak Diganti Foke

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler